Main Menu

Kimia Farma Rilis Kartu Pembayaran Produk dan Jasa Milik BUMN

didi
10-04-2017 20:15

Jakarta, GATRAnews - Guna menjaring dan memperluas basis konsumen ritel, PT Kimia Farma (Persero) Tbk meluncurkan kartu debit bernama Kartu BUMN, yang berfungsi sebagai alat pembayaran produk dan fasilitas yang dimiliki perusahaan-perusahaan BUMN. Menurut Direktur Kimia Farma M Wahyuli Syafari, selain sebagai identitas karyawan perusahaan BUMN, Kartu BUMN tersebut bisa berfungsi sebagai kartu debit, bahkan kartu kredit.

"Kartu BUMN ini menjadi peluang kami untuk menjaring konsumen secara lebih luas lagi, termasuk keluarga pegawai BUMN," katanya, di Jakarta, Senin (10/4).

Dia mengatakan, sebelumnya Kimia Farma telah melaksanakan perjanjian dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terkait kerjasama Bank at Work and Co Branding ID Card BUMN. "Pada perjanjian ini, di tahap awal Kartu BUMN akan digunakan oleh seluruh karyawan Kimia Farma dan juga keluarganya," ujar Wahyuli.

Kartu BUMN, menurutnya, akan memiliki fungsi pembayaran produk dan fasilitas yng disediakan oleh perusahaan BUMN, seperti di tahap awal ini adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Pertamina (Persero). "Pemilik kartu akan mendapatkan loyalty program antar-BUMN sebagai kartu akses kesehatan dan fasilitas lainny," kata Wahyuli.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, saat ini ada 118 perusahaan BUMN yang ke depannya berpotensi menjadi pasar produk KAEF. Terlebih lagi, jelas dia, kartu ini memiliki program Indonesia Poin (Inpoin) yang akan menwarkan harga lebih murah.

"Ibu Menteri BUMN (Rini Soemarno) meminta agar dlam enam bulan ke depan atau tahap awal ini bisa berjalan optimal," imbuhnya.

Namun demikian, jelas dia, Kartu BUMN ini tidak bisa melakukan isi ulang di ATM bank-bank BUMN. "Ada fasilits sendiri untuk top-up maksimal Rp1 juta. Belum bisa di ATM karena kekhawatiran pada faktor keamanan, karena Kartu BUMN ini juga sebagai identitas karyawan BUMN," ujar Wahyuli.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
10-04-2017 20:15