Main Menu

BUMN Indonesia Adakan Kerjasama Pembangunan Bandara di Afghanistan

Bernadetta Febriana
06-11-2017 18:59

Perwakilan Delegasi PT Wijaya Karya saat melakukan kunjungan ke Afganistan. (Dok. KBRI Kabul/FT02)

Jakarta, Gatra.com-Salah satu BUMN bidang kontruksi bangunan, PT Wijaya Karya, Tbk, menandatangani MoU dengan mitranya di Afghanistan untuk proyek pembangunan bandar udara di Kabul, Afghanistan. Selain itu, kerjasama juga dilakukan untuk proyek-proyek infrastruktur lain berupa pembangunan perumahan dan jalan.

 

Penandatangan tersebut adalah salah satu agenda kunjungan kerja Menlu Retno Marsudi ke Afghanistan, pertama kalinya dalam kurun 57 tahun setelah kunjungan kerja terakhir dilakukan pada tahun 1960. “Saya pergi ke Afghanistan diutus oleh Presiden RI ke Kabul dengan 2 tujuan, pertama untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Afghanistan, Asraf Ghani ke Jakarta pada April lalu,” kata Retno dalam pernyataannya ke media, Senin (6/11).

 

Sementara tujuan kedua adalah untuk mempersiapkan kunjungan High Peace Council ke Indonesia. “Kunjungan HPC ke Indonesia atas undangan dari Presiden Jokowi,” kata Retno.

 

Ketika Presiden Jokowi dan Presiden Ghani bertemu April lalu, keduanya sepakat untuk meningkatkan komitmen peningkatan hubungan kerjasama di berbagai sektor, mulai dari sektor ekonomi, sosial budaya, capacity building maupun sumbangan Indonesia untuk peace builiding dan rekonsiliasi.

 

Dari aspek ekonomi, selain adanya penandatanganan kerjasama antara BUMN di Indonesia dan Afghanistan, Retno menyatakan ada peningkatan dalam kerjasama bidang swasta. “Untuk Trade Expo Indonesia tahun ini, ada lonjakan dari pebisnis Afghanistan sebesar 300%,” katanya. Tercatat tahun ini terdapat lebih dari 100 orang pengusaha Afghanistan ikut dalam TEI Indonesia.

 

Mengenai kerjasama sosial budaya, Retno menyatakan bahwa pembangunan Indonesia Islamic Center sudah dimulai. “Dalam pembangunan kompleks tersebut telah berdiri Masjid As-Salam yang telah difungsikan penuh dari bulan Desember tahun lalu,” katanya.

 


 

Editor : Bernadetta Febriana

 

Bernadetta Febriana
06-11-2017 18:59