Main Menu

Menteri BUMN Dukung Direct Call Balikpapan - Shanghai

Abdul Rozak
10-04-2018 17:38

Peresmian Pelayaran Perdana "International Direct Call" Balikpapan-Shanghai. (Dok. Kementerian BUMN/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung perluasan layanan ekspor langsung atau international direct call yang dilakukan oleh PT Pelindo IV (Persero), rute Balikpapan - Shanghai. Rute tersebut melalui terminal petikemas PT Kaltim Kariangau Terminal (anak perusahaan Pelindo IV).

 

Direct call merupakan pelayaran langsung petikemas dari pelabuhan dalam negeri ke pelabuhan luar negeri tanpa perlu singgah. Direct call bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur.

"Ini bentuk kehadiran BUMN sebagai pilar utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun pertumbuhan ekonomi daerah Kalimantan Timur," ungkap Menteri BUMN Rini Soemarno dalam siaran pers yang diterima Gatra.com, Selasa (10/4).

Direct Call dari PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) ini memberikan stimulus positif perekonomian Kalimantan Timur dan sekitarnya. Salah satunya menekan biaya logistik USD 300 - 500 per kontainer serta memangkas durasi pengiriman komoditas ke sejumlah negara tujuan ekspor.

"Pemerintah daerah ikut mensukseskan direct call Balikpapan - Shanghai ini. Dan menjaga berkesinambungan serta terjadi peningkatan dari tahun ke tahun," tutup Rini.

Sebelumnya, Pelindo IV juga telah memfasilitasi direct call di empat pelabuhan yang dikelola, mulai dari Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Sorong, dan Pelabuhan Bitung. Ini adalah langkah Pelindo IV untuk ikut peningkatan ekonomi, peningkatan ekspor dari Kawasan Indonesia Timur.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Abdul Rozak
10-04-2018 17:38