Main Menu

Ini Tarif Spesial Promo ”Merdeka” Kereta Lintas Selatan KAI

G.A Guritno
14-08-2018 05:24

Penumpang kereta api mengantre tiket di Stasiun Besar Purwokerto, Jawa Tengah. (GATRA/Ridlo Susanto/yus4)

Purwokerto, Gatra.com – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73 tahun 2018, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan tarif promo “Merdeka” selama tujuh hari di bulan Agustus.



Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (daop) 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan sebanyak tujuh kereta api komersial lintas selatan Jawa memberikan tarif spesial melalui program ini. Tujuh kereta tersebut terdiri dari kereta eksekutif, bisnis dan kereta ekonomi jarak jauh dan menengah.

Dia menjelaskan, tarif promo “Merdeka” akan berlangsung selama tujuh hari dan terbagi dua periode, yakni antara tanggal 13-15 Agustus dan antara 27-30 Agustus 2018. Di periode ini, tujuh KA lintas selatan Jawa akan menerapkan tarif spesial sebesar Rp 73 ribu sekali perjalanan.

“Total, selama masa promo, PT KAI menyediakan kurang lebih menyediakan 1.708 seat tarif promo per hari atau totalnya 11.956 seat,” katanya, Senin (13/8).

Supriyanto menerangkan, calon penumpang yang ingin mendapatkan tarif promo dapat memesan melalui aplikasi "KAI Access" mulai Minggu, (12/8) kemarin.

Dari tujuh kereta yang menerapkan tarif promo Merdeka, enam di antaranya melintasi wilayah Daop 5 Purwokerto, yakni KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir (eksekutif), KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir (eksekutif), KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung (eksekutif).

Kemudian KA Singasari relasi Blitar-Pasar Senen (ekonomi), KA Fajar Utama Yogyakarta relasi Yogyakarta-Pasar Senen (bisnis), dan KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Pasar Senen (eksekutif dan bisnis).

Sementara, satu KA lintas selatan Jawa lainnya yang memberikan tarif promo namun tidak melintasi wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto adalah KA Malioboro Ekspres relasi Yogyakarta-Malang (eksekutif). Tiap kereta akan menyediakan 17 tempat duduk bertarif Rp 73 ribu.

“PT KAI menghadirkan tarif promo Merdeka, di mana penjualan atau pemesanan tiket untuk rute-rute tertentu, atau KA tertentu, yang dijual dimulai pada tanggal 12 Agustus, yang tarifnya hanya Rp 73 ribu,” jelasnya.

Dia juga menerangkan, tiket dengan tarif promo Merdeka itu dapat dibatalkan dan diubah jadwal keberangkatannya namun tidak dapat digabung dengan program reduksi atau diskon lainnya. Selain itu, tarif Promo Merdeka tidak berlaku parsial.

“Contohnya, tiket promo KA Argo Bromo Anggrek dengan tarif Rp 73 ribu adalah untuk relasi terpanjang, yakni Surabaya Pasar Turi Gambir. Jadi jika Anda hendak turun di stasiun yang lebih dekat, tarifnya tetap Rp 73 ribu,” jelasnya.

Reporter: Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
14-08-2018 05:24