Main Menu

Pertamina Jamin LPG Aman Selama Idul Adha

Abdul Rozak
21-08-2018 16:39

Pekerja mengangkut gas subsidi tiga kilogram ke dalam truk. (ANTARA/Raisan Al Farisi/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pertamina (Persero) menjamin persediaan LPG subsidi dan non-subsidi jelang Idul Adha mencukupi untuk seluruh wilayah Indonesia. Saat Idul Adha tidak akan ada kelangkaan LPG.


VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, berdasarkan data realisasi LPG subsidi dan non-subsidi terjadi peningkatan konsumsi tetapi tidak signifikan. Sejak bulan Januari-Mei 2018 konsumsi dikisaran 23,462 metrik ton per hari. Termasuk saat momentum Ramadhan dan Idul Fitri, kata Adiatma, konsumsi LPG naik sekitar 5%. Namun kembali ke angka normal 23.000 metrik ton pada Juli 2018.

"Konsumsi naik, tapi tidak signifikan. Untuk Agustus realisasi harian masih di kisaran 23 ribu metrik ton per hari. Dan ketahanan stok aman yakni rata-rata 18 hari," kata Adiatma di Jakarta, Selasa (21/8).

Konsumsi LPG saat Idul Adha tahun ini diprediksi tidak setinggi Idul Fitri karena jatuh pada hari Rabu, tidak bersamaan dengan cuti bersama dan libur panjang. Sehingga apabila terjadi kenaikan konsumsi relative kecil.

Untuk mendapatkan LPG dengan mudah, masyarakat diimbau membeli pada agen Pertamina dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah setempat. Selain itu bisa juga didapatkan di SPBU serta minimarket yang menjadi jalur distribusi LPG Non-Subsidi.

"Pertamina bekerjasama dengan Pemda melalui pasar murah yang dilaksanakan di beberapa daerah seperti Jawa Timur dan Bali," tutup Adiatma.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
21-08-2018 16:39