Main Menu

Pertamina Pasok LNG Untuk Industri di Dumai

Hidayat Adhiningrat P.
29-08-2018 15:21

Ilustrasi (Dok. Pertamina/FT02)

Dumai, Gatra.Com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha afiliansinya, PT Pertagas Niaga (PTGN) mulai mensuplai gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) kepada PT Energi Sejahtera Mas (ESM) untuk pertama kalinya di industri Kota Dumai. Perusahaan industri Oleochemical di Kecamatan Lubuk Gaung, Kota Dumai ini akan mendapat pasokan gas dengan volume 1,2 MMSCF/hari.

 

Menurut President Director PTGN, Linda Sunarti, suplai LNG yang diperoleh dari Filling Station di Arun, Lhokseumawe ini mulai dilakukan pada Selasa (28/8). Sesampainya di Dumai, LNG ini akan diubah kembali menjadi gas dengan proses regasifikasi. “Kebutuhan energi gas ESM ini selanjutnya akan meningkat hingga 3,6 MMSCFD dalam kurun waktu dua bulan mendatang,” tuturnya dalam keterangan yang diterima Gatra.com, Rabu (29/8).

Untuk meningkatkan pemanfaatan LNG, PTGN menggunakan isotank untuk menjembatani kebutuhan energi gas bagi industri yang wilayahnya belum terjangkau oleh infrastruktur pipa gas. Langkah ini dilakukan sambil menunggu selesainya pembangunan pipa transmisi yang  dibangun PT Pertamina (Persero) yang ditargetkan akan selesai pada akhir 2018.

Kota Dumai, Provinsi Riau, menurut Linda menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan industri yang terus meningkat. Penggunaaan LNG nantinya lebih berkembang seiring perkembangan industri di Dumai yang membutuhkan energi gas dan memberi keuntungan efisiensi biaya jika dibandingkan dengan sebelumnya.

“Guna memacu perkembangan itu maka diperlukan suplai sumber energi yang pasti, berkelanjutan dan ramah lingkungan,”katanya. Pemanfaatan LNG isotank oleh PTGN sebelumnya juga telah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan industri di Sumatera Utara, Kalimantan Timur serta Ambon maupun pembangkit listrik PLN di PLTG Sambera, Kutai Kartanegara.



Reporter: Hidayat Adhiningrat P

Editor : Birny Birdieni

Hidayat Adhiningrat P.
29-08-2018 15:21