Main Menu

KA Wijaya Kusuma Jurusan Cilacap-Banyuwangi Diluncurkan

Mukhlison Sri Widodo
01-09-2018 19:40

KA Wijaya Kusuma, jurusan Cilacap-Yogyakarta-Banyuwangi. (Dok. Humas KAI Daop 5 Purwokerto/FT02)

Cilacap, Gatra.com – Perpanjangan rute KA Wijaya Kusuma dari Cilacap-Yogyakarta, hingga Solo menjadi Cilacap-Banyuwangi pergi pulang (PP) secara resmi dimulai Sabtu ini (1/9). Menariknya, selama September, KA Wijaya Kusuma menerapkan tarif promo.

 

Cilacap-Yogyakarta ditempuh dalam waktu empat jam. Dalam waktu lima jam, penumpang tiba di Stasiun Solo. Tentu ini berbeda dengan moda transportasi lain yang kadang terjebak macet lantaran kondisi jalan yang ramai.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro  mengatakan ketepatan waktu ini menjadi daya tarik bagi masyarakat Cilacap atau Solo dan Yogyakarta untuk menjadikan KA Wijaya Kusuma sebagai moda transportasi alternatif. Karenanya, tepat setahun beroperasi, mulai 1 September 2018, KA Wijaya Kusuma memperpanjang relasi hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Menurut dia, perpanjangan relasi hingga Banyuwangi memungkinkan penumpang melaju hingga Banyuwangi yang kini menggeliat manjadi destinasi wisata yang mendunia. 

Sejumlah destinasi wisata di Banyuwangi sudah dikenal luas. Di antaranya Bromo, Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran. Keelokan pantai-pantai di Banyuwangi juga sudah dikenal luas.

Beroperasinya KA Wijaya Kusuma akan melengkapi alternatif moda transportasi pilihan wisatawan untuk menuju Banyuwangi, Jember dan sekitarnya.

“Dengan diperpanjangnya rute KA Wijaya Kusuma, kami berharap akan lebih banyak wisatawan baik lokal maupun internasional yang berkunjung ke Banyuwangi,” katanya, melalui keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Sabtu (1/9).

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Supriyanto menerangkan, peresmian perpanjangan rute baru KA Wijaya Kusuma Cilacap-Banyuwangi, dilakukan Sabtu (1/9) di Stasiun Cilacap. Untuk menuju Banyuwangi, kereta Wijaya Kusuma akan menempuh perjalanan 17 jam.

PT KAI memastikan selama perjalanan penumpang KA dapat menikmati kenyamanan perjalanan dengan rangkaian empat kereta eksekutif berkapasitas 200 tempat duduk dan tiga kereta premium dengan kaapsitas 192 tempat duduk.

Jadwal keberangkatan, KA Wijaya Kusuma akan berangkat dari Stasiun Banyuwangi pukul 11.05 WIB dan dari Stasiun Cilacap pada pukul 14.10 WIB setiap harinya.

"Dengan diperpanjangnya rute KA ini, maka masyarakat memiliki pilihan untuk menuju Kota Jombang, Surabaya, Jember dan Banyuwangi dari kota-kota di wilayah Jawa Tengah,” kata Supriyanto.

Dari Cilacap, kereta berangkat dari stasiun Cilacap pukul 14.10 WIB, Kutoarjo (17.14 WIB) Yogya (18.09 WIB), Solo (19.05 WIB), Madiun (21.24 WIB), jombang (22.57 WIB), Surabaya gubeng (23.59 WIB), Jember (04.10 WIB) dan tiba di Banyuwangi 07.02 WIB.

Dari arah Banyuwangi, kereta Wijaya Kusuma berangkat dari Stasiun Banyuwangi pukul 11.05 WIB, tiba di Jember pukul 13.40 WIB, Surabaya gubeng (18.05 WIB), Jombang (19.49 WIB), Madiun (21.28 WIB), Solo balapan (22.52 WIB), Yogyakarta (23.47 WIB), Kutoarjo (00.49 WIB), dan masuk Stasiun Cilacap 04.42 WIB.

Supriyanto mengemukakan, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan KA Wijaya Kusuma, dapat melakukan pembelian tiket di berbagai Channel resmi pembelian tiket KA mulai 23 Agustus 2018 lalu dengan tarif promo sebesar Rp 220 ribu untuk keberangkatan 1-30 September 2018.

Selain itu, untuk mengakomodir kebutuhan penumpang yang akan naik atau turun pada stasiun tertentu, PT KAI juga memberlakukan tarif khusus yang dapat dilayani pembeliannya mulai 2 jam sebelum keberangkatan KA Wijaya Kusuma, seperti Cilacap-Yogya pergi pulang (PP), Cilacap-Solo PP, Kutoarjo-Yogya PP, Kutoarjo-Yogya PP, Madiun-Yogya PP, Surabaya-Madiun PP.

“Tiket dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, termasuk tarif khusus yang bisa dilayani via KAI Access sampai 1 jam sebelum jadwal KA,” jelasnya.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
01-09-2018 19:40