Main Menu

Belajar Pembangkit Listrik Nuklir, PLN Sambangi PLTN Teknologi Generation 3+ Pertama di Dunia.

Birny Birdieni
08-09-2018 16:10

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) NPP Novovoronezh Unit 6 di Voronezh, Rusia (Dok. PLN/FT02)

Voronezh, Gatra.com - Untuk belajar teknologi pembangkit listrik nuklir, PLN melakukan kunjungan kerja ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) terbesar di Rusia, NPP Novovoronezh Unit 6. Pembangkit berkapasitas 1.200 MW di Voronezh, Rusia itu merupakan PLTN dengan teknologi generation 3+ pertama di dunia.

 

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusra PLN Djoko R Abumanan mengatakan bahwa PLN ingin mempelajari secara langsung bagaimana teknologi yang diterapkan pada pembangkit listrik tenaga nuklir khususnya NPP Novovoronezh.

“Kami tertarik bagaimana kemajuan riset dan teknologi yang dimiliki Rosatom khususnya di Unit 6 yang menggunakan teknologi Nuklir teranyar," kata Djoko dalam rilis yang diterima Gatra.com, Sabtu (8/9).

Dengan masa hidup selama 60 tahun, PLTN ini memproduksi daya listrik sebesar 1.195,4 MW dan daya panas 3.200 MW. Listrik ini biasanya digunakan untuk pemanas gedung-gedung dan perumahan di Rusia saat musim dingin.

Sistem keamanan dan pengamanan dari teknologi VVER 1200, NPP Novovoronezh memiliki zero accident. Sementara di sistem pelatihannya, Rosatom menjadi salah satu perusahaan Best Practice to be Replicated menurut OSART Mission.

Dalam kunjungan ke Rusia ini, PLN juga membawa rektor dan perwakilan dari tujuh Perguruan Tinggi ternama Indonesia. “Kami bersama dengan para akademisi, mengunjungi PLTN Novovoronezh ini agar memiliki pemahaman lebih mendalam tentang pemanfaatan teknologi Nuklir serta plus minus nya penerapan PLTN,” ungkap Djoko.


Birny Birdieni

Birny Birdieni
08-09-2018 16:10