Main Menu

Lestarikan Tari Asal Cirebon, Pertamina Internasional EP Buka Sekolah Tari Tradisional Gratis

Ervan
22-09-2018 10:20

Ilustrasi tari topeng losari cirebon. (shutterstock_735847333/RT)

Artikel Terkait

Cirebon, Gatra.com - Sebagai upaya melestarikan budaya bangsa, PT Pertamina Internasional EP membuka Sekolah Tari Tradisional di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (22/9). Sebanyak 260 orang antusias mendaftar untuk belajar. Sebagai mentor adalah para pengajar dari Belantara Budaya Indonesia.

"Salah satu kekuatan seni cirebon adalah tarian. Maka sebagai upaya melestarikan seni dan budaya dari Cirebon harus kita tingkatkan," ujar Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat dari Keraton Kasepuhan Cirebon.

Gusti Ratu Alexandra juga mengapresiasi pembukaan Sekolah Tari Tradisional Cirebon oleh PT Pertamina Internasional EP. Kegiatan latihan akan dilaksanakan tiap Sabtu pukul 15.00 di lingkungan Keraton secara gratis.

"Hal tersebut merupakan cerminan perhatian kepada budaya adiluhung yang penuh tantangan di era globalisasi saat ini," jelasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Pertamina Internasional EP, Denie S. Tampubolon, mengatakan pembukaan sekolah tari ini bukti bahwa walaupun perusahaan dan banyak karyawannya yang bekerja di luar negeri, namun tak pernah melupakan budaya dan seni negaranya.

"Kami meyakini tari bukan hanya gerak semata tapi juga refleksi dari kultur budaya," katanya.

PT Pertamina Internasional EP berharap para peserta sekolah tari tersebut nantinya juga akan menularkan ilmunya ke lingkungan sekitar. Sehingga tarian asal Cirebon seperti Tari Topeng, Tari Payung, Sintren dan lainnya bisa terus lestari.

"Kami harap dari 260 peserta bisa mengajar lagi ke lingkungannya. Sehingga dari 260 orang bisa dikali 2 dikali 3 lagi," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Umaya Khusniah

 

 

Ervan
22-09-2018 10:20