Main Menu

Mark Zuckerberg Berikan 99% Sahamnya di Facebook ke Yayasan Miliknya

Dani Hamdani
02-12-2015 11:33

Zuckerberg-max-chan (Facebook)

Jakarta, GATRANews - Pasangan Mark Zuckerberg (31) dan Dr. Priscilla Chan (30) nampaknya begitu berbahagia menyambut putri pertama mereka, Max, awal pekan lalu. Lewat surat yang di lepas di Facebook, Mark mengumumkan akan menyumbangkan 99% saham miliknya di media sosial yang didirkannya itu --nilainya saat ini USD 45 miliar sekitar Rp. 600 triliun.

 

"Dear Max, ibumu dan aku tak punya kata untuk menggambarkan betapa besar harapan di masa datang yang tertumpah pada kami dengan kehadiranmu," kata Zuckerberg membuka surat elektroniknya di Facebook.

 

Zuckerberg secara panjang lebar menceriterakan banyaknya masalah kesehatan dan lingkungan di dunia tempat Max nanti akan tumbuh dan berkembang. 

 

Atas alasan itulah, Zuckerberg menyatakan: "Kami berkomitmen melakukan hal kecil guna membantu menciptakan dunia bagi seluruh anak-anak. Kami akan memberikan 99% dari saham kami di Facebook--saat ini sekitar US$ 45 miliar-- sepanjang hidup kami untuk bergabung dengan pihak lain meningkatkan dunia ini untuk generasi mendatang," kata Zuckerberg.

 

Uang miliaran itu disumbangkan melalui Chan Zuckerberg Initiative (CZI). Dana itu dipakai untuk "menyembuhkan penyakit, pembelajaran personalisasi, memanfaatkan energi bersih, menghubungkan orang-orang, membangun masyarakat yang kuat, mengurangi kemiskinan, menyediakan hak setara dan menyebarkan pemahaman di seluruh negeri".

 

Chan Zuckerberg Initiative, seperti dilaporkan bustle.com, pertama kali diluncurkan pada 26 November 2009, dengan memberikan sumbangan sebesar USD 5 juta untuk University of California San Francisco (UCSF) Children's Hospital.  

 

CZI juga menyumbang sebesar USD 75 juta pada rumah sakit umum UCSF yang berlokasi di Potreto Hill, tak jauh dari kediaman Chan. Keberadaan sekolah dan rumah sakit itu menjadi penting buat Chan dan anaknya kelak.

 

Zuckerberg dan Chan pertama kali bertemu dalam sebuah pesta persaudaraan mahasiswa Harvard. Mereka menikah sembilan tahun kemudian pada akhir 2012, satu hari setelah Facebook menjual sahamnya di bursa.

 

Pasangan ini mengumumkan kehamilan pada Juli dengan cara yang tidak umum, yaitu pengumuman lewat tulisan pribadi di di Facebook. 

 

Zuckerberg kembali membuat pengumuman menghebohkan pada November lalu waktu mengumumkan akan cuti selama dua bulan untuk mendampingi putri pertamanya itu. Keputusan itu sangat mengagetkan mengingat posisinya yang sangat tinggi di perusahaan, dan menjadi perhatian para CEO lain di seluruh dunia. 

 

Facebook memang sudah lama dikenal mengijinkan cuti --pembimbingan anak -- selama 4 bulan untuk para pekerjanya di Amerika. Pekan lalu, dia mengumumkan program pembibingan anak selama empat bulan untuk karyawan pria di seluruh dunia.

 

Facebook belum mengumumkan siapa CEO pengganti selama Zuckerberg cuti. Sementara Chan telah mengambil cuti melahirkan dari pekerjaanya sebagai dokter ahli anak dan CEO The Primary School, sekolah gratis oleh para mantan guru yang dibuat Chan bersama Zuckemberg.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
02-12-2015 11:33