Main Menu

Antam: Penawaran Saham Freeport Indonesia Menarik

didi
22-01-2016 14:38

PT Aneka Tambang (Dok. GATRA/Tresna Nurani)

Jakarta, GATRAnews - Penawaran divestasi saham perusahaan tambang asal Amerika, PT Freeport Indonesia, kepada pemerintah Indonesia sebesar 10,64% atau senilai US$ 1,7 milyar, dianggap menarik oleh BUMN di bidang pertambangan, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk.

Direktur Keuangan Aneka Tambang Dimas Wikan Pramudhito mengatakan, sebagai BUMN yang juga bergerak di sektor pertambangan, pihaknya akan mendukung apapun keputusan pemerintah terkait hal tersebut.

"Sangat menarik. Kami sebagai BUMN pasti dukung pemerintah. Saat ini yang dilakukan pemerintah tinggal bagaimana menghitung offeringnya," ujar Dimas, di Jakarta, Jumat (22/1).

Ia menuturkan, meski ada kemungkinan Antam untuk menampung divestasi saham Freeport, namun pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah. Pasalnya, saat ini proses divestasi masih di level pemerintahan dan Antam belum diberikan mandat untuk menanganinya.

"Saya tak mau mendahului pemerintah karena belum di kami perihal divestasinya. Sekarang mengenai harga Freeport benar atau tidaknya, kami perlu melakukan evaluasi," tuturnya.

Meski begitu, Dimas mengklaim dari segi teknis pihaknya sudah cukup siap jika diberi mandat pemerintah. Antam memang bergerak di bidang yang sama dengan Freeport Indonesia, sehingga memiliki banyak pengalaman dalam pertambangan.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
22-01-2016 14:38