Main Menu

Pemerintah Rencanakan Koperasi Punya Saham BUMN

Januar
26-01-2016 17:05

Usaha Kecil Menengah (ANTARA/Hafidz Mubarak)

Jakarta, GATRAnews - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) sedang mengaji agar koperasi bisa membeli saham di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan peran koperasi pada pembangunan nasional.

 

"Ini baru sebuah lontaran pemikiran, yang kami bentuk tim kedeputian. ‎Bagaimana bisa bermain di pembelian saham tentunya perusahaan-perusahaan BUMN yang rigid ya," kata Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga‎ saat dijumpai di Jakarta, Selasa (26/1).

 

Ia menjelaskan terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh koperasi agar bisa membeli saham, salah satunya harus sehat secara keuangan "Dikaji mana koperasi yang betul-betul sehat, keuangannya harus sehat,‎" katanya.

 

Selain itu, Puspayoga mengatakan masih akan ‎melakukan kajian dan mengajak sejumlah pengurus koperasi berbicara untuk melihat respon dari koperasi-koperasi tersebut.  

 

"Dan kita ajak bicara kita lempar dulu ke temen-teman koperasi. Mudah-mudahan itu bisa disambut baik sehingga koperasi bisa punya saham di perusahaan-perusahaan BUMN.‎ Itu program dalam pengembangan koperasi. Tetapi itu perlu dikaji lebih lanjut," katanya.

 

Puspayoga sendiri menyayangkan masih minimnya peran BUMN terhadap pembangunan nasional. Ia merujuk pada peran koperasi terhadap PDB yang hanya mencapai 1,3%.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
26-01-2016 17:05