Main Menu

Toyota Akhirnya Borong Seluruh Saham Daihatsu

Toha
04-02-2016 14:50

Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation dan Masanori Mitsui, Presiden Daihatsu Motor Co., Ltd. (GATRAnews/Dok. Toyota)

Tokyo, GATRAnews - Toyota baru saja memborong seluruh saham Daihatsu senilai US$ 3 miliar. Produsen mobil peringkat pertama di dunia ini sebelumnya telah menguasai 51,2 persen saham Daihatsu sejak tahun 1988.


Dengan penjualan tersebut, nama Daihatsu Motor akan dihapus dari bursa efek Tokyo mulai bulan Juli nanti. Penjualan Daihatsu secara global di tahun 2015 menurun hingga 13 persen.

Spesialis pembuat kei car atau mobil kompak dengan mesin berkapasitas 660 cc ini terpukul di kampung halamannya sendiri akibat semakin tingginya populasi lanjut usia dibandingkan usia produktif.

Generasi muda di Jepang pun kini tak terlalu berminat memiliki mobil pribadi karena lebih efisien menggunakan alat transportasi massal.

Dengan menguasai seluruh saham Daihatsu, Toyota mengklaim dapat lebih fokus menggarap pasar mobil kompak secara global dan Daihatsu dapat lebih mudah mengadopsi teknologi terbaru Toyota.

Pengumuman pembelian saham Daihatsu ini sekaligus untuk menepis rumor bahwa Toyota dan Suzuki sedang mendiskusikan kemungkinan bekerja sama di masa mendatang.


Penulis : Anton

Editor : Toha

Toha
04-02-2016 14:50