Main Menu

Gara-gara Supirnya Demo, Saham Blue Bird Turun, Express Naik

didi
22-03-2016 14:21

Taksi Blubird yang dirusak pengunjuk rasa (GATRAnews/Adi Wijaya)

Jakarta, GATRAnews - Supir angkutan transportasi darat se-Jabodetabek hari ini kembali menggelar aksi unjuk rasa lantaran para pengemudi merasa dirugikan dengan kehadiran taxi online ilegal seperti Uber dan Grabcar. Tampaknya, aksi ini berbuntut panjang. 

Pukul 10.15 WIB, saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) tercatat mengalami penguatan sebesar 10 poin atau 4,29% ke level 243,00. Sementara, saham PT Blue Bird Tbk (BIRD) malah melemah 25 poin atau 0,39% ke posisi 6,375,00.  

Analis Dana Reksa, Lucky Bayu mengatakan, saham BIRD dengan adanya aksi demo ini memang diapresiasi negatif oleh para pelaku pasar. Sedangkan saham TAXI justru menguat. Menurutnya, ini karena para investor tidak suka dengan adanya aksi demo ini. "Jika dilihat, para demonstran sebagian besar merupakan pengemudi dari BIRD dan pengemudi dari TAXI cenderung tidak banyak. Sentimen pasar malah negatif dengan adanya demo. Ini menandakan pelaku pasar tak menyukai aksi ini," ujarnya, di Jakarta, Selasa (22/3). 

Selain itu, kata Lucky, TAXI juga memiliki bisnis lain di luar taksi seperti penyewaan dari berbagai jenis kendaraan. Sedangkan BIRD fokusnya hanya ke taksi. Kendati demikian, Lucky menilai bahwa baik saham TAXI ataupun BIRD masih rawan aksi profit taking. Pasalnya, selama belum adanya ketegasan pemerintah yang berkaitan dengan moda transportasi online, maka hal tersebut akan terus menggerus kinerja kedua emiten tersebut.

"Kedua emiten ini tergantung ketegasan pemerintah. Hingga saat ini pemerintah belum bisa mengabulkan tuntutan para demonstran. Jika pemerintah tidak mengabulkan kinerja mereka akan terus tergerus karena taxi online jadi pilihan masyarakat," jelasnya. 

Untuk itu, Lucky menuturkan, sebaiknya para pelaku pasar untuk menghindari dulu saham TAXI dan BIRD. Sementara, untuk target batas bawah (support) TAXI berada di 235,00 batas atas (resisten) 250.00. Sedangkan TAXI support 6,315.00 dan resisten 6,450,00. 


Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Nur Hidayat


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

didi
22-03-2016 14:21