Main Menu

Pemerintah Belum Putuskan Pembelian Saham Freeport

Januar
09-05-2016 20:00

Menteri BUMN Rini Soemarno (ANTARA/Sigid Kurniawan/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah hingga saat ini belum memutuskan membeli saham PT Freeport Indonesia. Padahal, Freeport sendiri telah mengajukan harga saham sebesar 10,64% dengan nilai US$ 1,7 miliar atau Rp 22,1 triliun dengan asumsi Rp 13.000 per dolar Amerika Serikat. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno mengatakan pemerintah saat ini sedang menunggu hasil tawaran yang diajukan kepada Freeport. Pemerintah sendiri mengajukan harga saham Freeport sebesar Rp 8,9 triliun atau ditawar hingga Rp 13,2 triliun. "Kalau angka dari Kementerian ESDM dan kami (Kementerian BUMN) segitu (Rp 8,9 triliun). Jadi kami menunggu dari Freeportnya. Ini kan tawaran yang kami mau tawarkan ke Freeport jadi kami menuggu aja," kata Rini, Senin (9/5). 

Selain itu, Rini menambahkan pemerintah belum memutuskan siapa nantinya yang membeli saham Freeport tersebut. Pembelian saham Freeport terdapat opsi mulai dari menugaskan BUMN untuk membeli saham tersebut hingga skema penawaran saham di pasar melalui Initial Public Offering (IPO). 


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat

Januar
09-05-2016 20:00