Main Menu

Kepala Bappenas: Saham Bisa Tarik Dana Repatriasi

didi
01-08-2016 14:04

Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro (GATRAnews/Erry Sudiyanto/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengharapkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) segera mendesain instrumen investasi yang bisa memberikan imbal hasil (yield) minimal setara dengan keuntungan yang diperoleh investor dari bursa Singapura, guna menarik investor berinvestasi di dalam negeri.  

"Kunci bagaimana agar saham bisa menarik dana repatriasi adalah instrumen investasi di pasar modal Indonesia harus memberi yield yang minimal sama dengan Singapura atau negara lain di luar," kata Bambang, di Jakarta, Senin (1/8).

Menurut Bambang, sejauh ini instrumen penempatan modal yang paling menarik di mata investor asing adalah saham. Ketertarikan investor terhadap instrumen saham sangat terkait erat dengan peluang imbal hasil yang tidak terbatas.

"Kalau di bonds atau di instrumen perbankan masih terbatas. Jadi, amnesti pajak diharapkan bisa jadi terobosan agar bursa saham kita bisa 'kinclong'," ujarnya.

Namun, tuturnya, langkah yang tidak kalah penting untuk dilakukan BEI adalah mendorong pelaksanaan penawaran umum perdana saham (IPO). Pasalnya calon investor tidak akan tertarik kalau saham di bursa hanya itu-itu saja.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
01-08-2016 14:04