Main Menu

Saham Deutsche Bank Terancam Rontok

Rosyid
03-10-2016 17:19

Ilustrasi (GATRAnews/Adi Wijaya/AR7)

Washington, GATRANews - Deutsche Bank dalam masalah serius. bank terbesar Jerman ini dikabarkan  harus membayar denda USD 14 miliar (Rp 181,3 triliun) kepada pemerintah Amerika Serikat karena dianggap bersalah dalam menjual surat berharga sebelum krisis ekonomi 2008.

 

 

Ancaman denda sebesar itu dinilai investor akan mengguncang bank itu. Para investor tidak mau rugi,  buru-buru menjual saham Deutsche Bank. Akibatnya harga saham terjun bebas dan pernah sampai pada titik terendah dalam 30 tahun terakhir. Sejumlah pihak mendorong pengurangan denda untuk mengembalikan kepercayaan pada bank itu. 

 

Ada secercah harapan ketika Jumat pekan lalu tersiar kabar manajemen Deutsche Bank mencapai kata sepakat dengan Departemen Kehakiman Amerika Serikat untuk memotong denda menjadii USD 5,4 juta. Namun menurut Reuters, laporan itu belum terkonfirmasi. Namun investor menanggapi dengan positif, harga saham naik 6 persen. 

 

The Wall Street Journal melaporkan Minggu kemarin bahwa perundingan kedua belah pihak terus berlangsung. Menurut sumber yang dikutip media itu, belum ada detail kesepakatan yang disampaikan pada pengambil keputusan tertinggi di masing-masing institusi. 

 

Menurut lembaga pemeringkat Moody's,  jika bank bisa menyelesaikan persoalan ini dengan denda USD 3,1 miliar, akan menjadi hal positif bagi pare pemeganng surat hutang bank ini. Jika harus membayar USD 5,7 miliar akan mempengaruhi keuntungan perusahaan tahun ini, dan tidak banyak mempengaruhi posisi modal bank.


 

 

Editor: Rosyid

Rosyid
03-10-2016 17:19