Main Menu

Rajawali Group Lepas Saham Bisnis Sawit ke Malaysia

Andya Dhyaksa
23-12-2016 21:22

Jakarta, GATRANews - Salah satu raksasa perkebunan Rajawali Group hari ini, Jumat (23/12/16) mengumumkan penjualan saham anak perusahaanya di bidang kepala Sawit pada perusahaan Malaysia Federal Land Development Authority (FELDA). Saham PT Eagle High Plantation (EHP) Tbk, salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) diakuisisi oleh FIC Properties Sdn Bhd (FICP), anak usaha Felda.

 

Dalam rilis media yang diterima GATRAnews hari ini, disebutkan FICP akan memperoleh 37 persen saham milik EHP dengan total nilai sebesar US$ 505,4 juta.

 

Sayangnya, pihak manajemen Rajawali Grup masih enggan membuka rincian proses akuisisi tersebut. Sebab, perjanjian jual beli harus terlebih dulu mendapatkan persetujuan dari otoritas terkait di Malaysia dan Indonesia.

 

“Kesepakatan ini merupakan momen yang sangat penting, setelah kami melalui proses negosiasi yang panjang sebelumnya," ujar Satrio Tjai, Deputy Managing Direktur Rajawali Group.

 

"Kami juga ingin menyampaikan bahwa kesepakatan ini telah selesai namun masih menunggu persetujuan dari otoritas terkait di kedua negara. Dengan demikian, saat ini kami belum dapat menyampaikan keterangan lebih lanjut,” kata Satrio dalam keterangan pers yang Gatra terima. 

 

Dengan disepakatinya perjanjian ini, Satrio berharap hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia dapat lebih kuat lagi. Selain itu, diharapkan kerja sama ini memberikan peningkatan kemitraan yang solid antara Indonesia dan Malaysia dalam mengupayakan agenda yang besar di industri minyak sawit global, melalui Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC).

 

Menurut situs perusahaannya, Eagle High Plantation mengelola lahan sawit lebih dari 150.000 hektar dengan usia tanam rata rata 6,4 tahun. Di lular itu EHP juga bekerjasama dengan para petani penanam sawit lewat mekanisme plasma.

 

Rajawali Group adalah salah satu korporasi bisnis terbesar di Indonesia yang mengelola berbagai industri di Indonesia, antara lain adalah industri Hotel & properti, Pertanian, Pertambangan, Infrastruktur, Transportasi, dan Media. Selama tiga dekade terakhir, Rajawali Group telah membangun reputasi lewat beberapa investasi strategis, seperti membangun jaringan televisi swasta pertama di Indonesia melalui Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), operator seluler Excelcomindo, Taxi Express. 


Reporter: Andya Dhyaksa

Editor: Dani Hamdani

Andya Dhyaksa
23-12-2016 21:22