Main Menu

Commonwealth Pasarkan Reksa Dana Saham Syariah

didi
04-01-2017 20:10

Jakarta, GATRAnews - PT Bank Commonwealth mengumumkan secara resmi memasarkan reksa dana Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS (Mansyaf) melalui kantor cabang yang tersebar di Indonesia. Menurut Director of Retail Banking Commonwealth Bank, Rustini Dewi, Mansyaf merupakan reksa dana syariah kelolaan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) yang berinvestasi pada efek luar negeri (offshore).

Dia mengatakan, reksa dana berdenominasi dolar AS ini memiliki portofolio yang terdiversifikasi pada beragam saham syariah di berbagai negara di kawasan Asia Pasifik, kecuali Jepang.

"Di awal 2017 ini, Commonwealth Bank berkomitmen memberikan berbagai alternatif investasi sebagai rangkaian penawaran wealth management bagi nasabah ritel. Salah satunya melalui Mansyaf sebagai reksa dana syariah luar negeri dengan fokus investasi Asia Pasifik," ujar Rustini, di Jakarta, Rabu (4/1).

Rustini menilai, perekonomian di Asia Pasifik menunjukkan perkembangan positif, seperti surplus neraca berjalan Korea Selatan dan tingginya permintaan produk-produk teknologi dari Taiwan. Hal ini menjadikan kawasan ini sebagai peluang investasi bagi nasabah Commonwealth Bank.

[column_item col="3"]

Baca juga: Ingin Bermain di industri syariah? Baca dulu telaah OJK[/column_item]Sementara itu, Presiden Direktur MAMI, Legowo Kusumonegoro meyakini bahwa kehadiran Mansyaf di Commonwealth Bank bisa menjadi solusi bagi para nasabah Commonwealth Bank yang membutuhkan tempat penyimpanan dan investasi dollar AS.

Legowo menambahkan, hingga akhir November 2016 Mansyaf telah dimanfaatkan oleh 169 investor individu dengan jumlah dana kelolaan sebesar US$14,74 juta. Mansyaf diluncurkan oleh MAMI pada 15 Februari 2016 dan mencatatkan kinerja sebesar 8,1% hingga akhir November 2016.

Menurut Legowo, Mansyaf mengalokasikan 80-100% dari aset yang dikelola untuk diinvestasikan di instrumen saham syariah di kawasan Asia Pasifik, kecuali Jepang dan berkisar 0-20% di instrumen pendapatan tetap, sukuk atau pasar uang yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Dia beranggapan, fleksibilitas alokasi aset ini memungkinkan bagi reksa dana Mansyaf untuk merespons secara aktif segala perubahan kondisi pasar.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
04-01-2017 20:10