Main Menu

BEI Tunggu Persetujuan OJK Terapkan Pelonggaran Saham Marjin

didi
25-01-2017 13:08

Jakarta, GATRAnews - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) masih menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait rencana penerapan perubahan kriteria saham-saham marjin. Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya mengungkapkan, BEI masih menunggu surat persetujuan final dari OJK. 

Persetujuan itu, menurut Alpino, terkait pemberlakukan perubahan peraturan BEI nomor II-H tentang Persyaratan dan Perdagangan Efek dalam Transaksi Marjin dan Transaksi Short Selling, serta nomor III-I tentang Keanggotaan Margin dan/atau Short Selling.

"Kami Masih menunggu satu surat lagi dari OJK," ujar Alpino, di Jakarta, Rabu (25/1).

Jika disetujui, berarti akan ada sebanyak 179 saham marjin dari sebelumnya hanya terdapat 61 saham marjin. "Jika dari simulasi awal kami itu ada 179 saham yang masuk saham marjin," kata dia.

Ia mengharapkan, OJK segera mengeluarkan surat persetujuan final tersebut, sehingga pelonggaran saham marjin tersebut dapat diterapkan pada bulan Februari 2017. Sedangkan untuk menyeleksi saham-saham marjin berdasarkan kriteria baru itu, Alpino menyebutkan penutupan perdagangan sore ini sebagai batas waktu cut-off perhitungan saham yang masuk daftar tersebut.

"Jadi hari ini cut-off untuk melihat rasio keuangan saham-saham kandidat saham marjin," pungkasnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
25-01-2017 13:08