Main Menu

Kampanye Yuk Nabung Saham 2017

didi
14-03-2017 13:46

Jakarta, GATRAnews - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan CSA Institute dan Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) melakukan kampanye "Yuk Nabung Saham 2017". Kegiatan ini diawali dengan pemberian apresiasi kepada 72 emiten pilihan analis pada 13 Maret 2017, di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Para emiten yang terpilih merupakan hasil survey yang diselenggarakan CSA Institute dan AAEI, dengan kriteria-kriteria yaitu tingkat profitabitas di masa yang akan datang, disclosure & transparency, corporate governance, likuiditas saham dan business sustainability.

Program "Yuk Nabung Saham 2017" merupakan serangkaian kegiatan kampanye dengan roadshow ke 24 kampus di seluruh Indonesia yang berlangsung sejak Maret hingga Desember 2017. Satu hal yang menarik adalah dalam roadshow akan disertai dengan Kompetisi Yuk Nabung Saham. Diharapkan 12.000 mahasiswa dan investor pemula akan menjadi peserta yang pendaftaran dan penilaian kompetisinya dilakukan melalui aplikasi Kompetisi Yuk Nabung Saham yang dapat di download di Play Store. Pemenang dari Kompetisi Yuk Nabung Saham 2017 berhak atas top up dana investasi dan wisata gratis ke Thailand dan Singapura.

Menurut Ketua Umum AAEI Haryajid Ramelan, mewakili penyelenggara, acara apresiasi kepada emiten ini sekaligus merupakan Gathering Tahunan para Certified Securities Analyst (CSA) yang saat ini sudah lebih dari 400 orang yang tersertifikasi CSA di Indonesia. Apresiasi ini juga merupakan wujud kontribusi AAEI dan CSA Institute terhadap pengembangan investor dan professional di pasar modal di Indonesia.

"Apresiasi ini diberikan pada 72 saham yang dapat dipergunakan oleh investor dalam konsep nabung saham untuk jangka panjang,” kata Haryajid Ramelan, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (14/3).

Lahirnya 72 emiten dari filter yang dilakukan oleh Dewan Juri yang mewakili, akademisi, dan professional khususnya analis. Dari 536 emiten yang ada sebelumnya terpilih 120 emiten dan akhirnya dilakukan pooling (vote) oleh para analis yang bersertifikasi CSA untuk menentukan 72 emiten.

Angka 72 ini merupakan angka HUT RI ditahun 2017 mendatang. Namun mengingat pelaksanaan ini hingga akhir tahun 2017, maka angka itu dijadikan momentum dalam memberikan Apresiasi Emiten oleh Analis CSA ditahun 2017 ini. Jenis saham tersebut terbagi dalam 3 segmen harga, pertama yakni 17 jenis saham terpilih merupakan harga saham yang berada dibawah Rp 1.000. Segmen kedua adalah 36 emiten dengan kisaran harga Rp 1.000 sd Rp 5.000 dan segmen ketiga adalah diatas Rp 5.000 sebanyak 19 emiten.

Lebih jauh Haryajid menyatakan mahasiswa merupakan bagian dari generasi millennial yang merupakan potensi masa depan bagi pengembangan pasar modal. Bagi kelompok muda ini, menjadi entrepreneur dan investor telah menjadi tren sehingga, Kompetisi Yuk Nabung Saham merupakan kegiatan edukasi yang berorientasi mendorong tumbuhnya investor pemula, dan secara luas akan mendorong jumlah pembukaan rekening efek. Lebih jauh lagi, digandengnya AAEI dan CSA Institute akan meningkatkan pemahaman mahasiswa akan profesi dipasar modal khususnya profesi analis efek.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
14-03-2017 13:46