Main Menu

PAM Akan Luncurkan Reksa Dana Saham Panin Beta One

didi
20-03-2017 09:59

Jakarta, GATRAnews - Panin Asset Management (PAM) akan meluncurkan Reksa Dana Saham Panin Beta One. Produk ini merupakan satu-satunya reksa dana, yang berupaya memberikan kinerja serupa dengan kinerja lndeks Harga Saham Gabungan (lHSG). Reksa Dana Saham Panin Beta One akan ditawarkan perdana pada tanggal 31 Maret 2017.

Presiden Komisaris Panin Asset Management Mila Mawira mengatakan, latar belakang dibentuknya reksa dana ini karena adanya permintaan dari investor institusi. Khususnya terkait reksa dana dengan karakteristik, yang merepresentasikan saham Indonesia secara keseluruhan.

"Pemilihan IHSG ini didasari oleh IHSG yang merupakan indeks komposit yang mawakili seluruh saham di Indonesia," ujar Mila, di Jakarta, Senin (20/3).

Mila berpendapat, IHSG secara historis merupakan indeks saham dengan kinerja terbaik jika dibandingkan dengan indeks saham Indonesia lainnya.Sehingga, tujuan dan kebijakan investasi Reksa Dana Saham Panin Bela One adalah menghasilkan nilai investasi yang menyerupai lHSG.

"Melalui indeks acuan lHSG, Panin Beta One menargetkan tracking error kurang dari 2,5% dan memiliki Beta mendekati 1," tuturnya.

Direktur Pengawas Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hamdi Hassyarbaini menyambut gembira rencana tersebut. Menurutnya, telah banyak pengalaman yang diperoleh Panin Asset Management. Sehingga, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif atas perkembangan pasar modal Indonesia.

"Semoga Panin Asset Management dalam usia yang sudah cukup lama, dapat memberikan kontribusi positif ke depannya bagi pasar modal," ujar Hamdi.

Panin Asset Management mengelola 16 reksa dana aktif. Tidak sedikit reksa dana kelolaan Panin Asset Management, telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Reksa Dana terbaik dari beberapa institusi. Pada tanggal 17 Maret 2011, Panin Asset Management telah melakukan spin off dengan Panin Sekuritas dan berdiri sendiri sebagai sebuah Perseroan Terbatas.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
20-03-2017 09:59