Main Menu

Pemprov Papua Tuntut 10% Saham Freeport

Ervan
22-03-2017 14:07

Jakarta, GATRAnews- Gubernur Papua Lukas Enembe menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/3). Kedatangan Enembe guna melaporkan situasi politik dan ekonomi di Papua termasuk masalah PT Freeport Indonesia. Pemerintah Provinsi Papua menegaskan sikapnya mendukung seluruh kebijakan pemerintah soal Freeport.

"Kita telah sampaikan 17 item sikap kita. Diantaranya, 6 item yg hampir sama dengan pemerintah Jakarta," kata Lukas usai temui Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/3).

Pemerintah Provinsi Papua telah mengeluarkan 17 sikap terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Diantaranya meminta 10% saham dari 51% saham Freeport yang dikuasai penerintah.

"Kepemilikan saham 51% setuju. Freeport jadi karyawan kita. Ini negeri kita, diatur kedaulatan negara yang kita jaga. Seluruh potensi ekonomi harus dikuasai negara. Makanya 51% harus sahamnya diberikan ke Indonesia. Dan kita minta 10% saham ke pemerintah Papua dari saham 51%," ucapnya.

Lukas pun mengungkapkan Presiden Jokowi setuju dengan sikap pemerintah Provinsi Papua tersebut. Pemprov Papua pun mendukung penuh sikap pemerintah pusat. "Presiden setuju sekali sikap kita menyangkut Freeport. Setuju, apa yang di perjuangkan Papua dan Jakarta sama," katanya lagi. 


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

 

Ervan
22-03-2017 14:07