Main Menu

IHSG Hari Ini Diprediksi Masih Rentan Melemah

didi
18-04-2018 08:15

Pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia. (GATRA/Ardi Widi Yansah/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini masih rentan mengalami pelemahan lanjutan, setelah kemarin menurun sebesar 0,02% ke level 6.285.

Analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Reza Priyambada mengatakan, pergerakan IHSG cukup mampu bertahan di atas kisaran support 6.258-6.272. "IHSG diperkirakan berada di kisaran support 6.262-6.278 dan resisten 6292-6309," katanya di Jakarta, Rabu (18/4).

Dia mengatakan, kembali melemahnya IHSG menunjukkan bahwa rentannya pergerakan indeks dalam menanggapi sentimen yang ada. "Sentimen yang ada pun cenderung variatif, sehingga menahan potensi kenaikan IHSG," ucap Reza.

Reza menyebutkan, meski posisi IHSG di area oversold dan memiliki potensi rebound, pergerakannya akan tertahan oleh aksi jual masif. "Tetap waspadai sentimen-sentimen yang dapat membuat IHSG kembali melemah," tuturnya.

Sementara menurut analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini menantikan sentimen dari suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-day Reverse Repo) yang akan dilansir besok.

Pasar kata dia, sedang menantikan sentimen terkait rilis suku bunga acuan BI yang sejauh ini diperkirakan tetap 4,25%. “Melihat kondisi perekonomian yang cukup stabil, tentunya juga akan cukup memberikan pengaruh positif terhadap pola pergerakan IHSG," kata William.

Sebagaimana diketahui, BI akan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 18-19 April 2018. Hasil rapat akan diumumkan besok yang salah satu keputusannya adalah menetapkan besaran BI 7day Repo Rate.

William menyebutkan, saat ini IHSG memiliki support terdekat yang akan berupaya dipertahankan pada level 6.171, sedangkan target resisten terdekat yang berusaha ditembus ada pada posisi 6.389. "Hari ini IHSG berpotensi bergerak di zona hijau," jels William.

Dengan demikian, kata dia, adanya potensi pembalikan arah menguat pada laju IHSG di perdagangan hari ini patut direspons para investor dengan mengakumulasi saham Pakuwon Jati (PWON), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Nippon Indosari Corpindo Tbk/Sari Roti (ROTI), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Adhi Karya Persero Tbk (ADHI).



Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Rosyid

didi
18-04-2018 08:15