Main Menu

SRO Pasar Modal Akan Bentuk Anak Usaha di Bidang IT

didi
09-08-2018 16:31

Bursa Efek Indonesia (GATRA/Eva Agriana Ali/FT02)

Jakarta, Gatra.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) yang merupakan Self Regulatory Organitation (SRO) Pasar Modal berencana membentuk anak perusahaan di bidang teknologi informasi.


Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Hasan Fawzi mengungkapkan dana untuk pembentukan perusahaan tersebut mencapai Rp 75 milyar.

"Untuk membentuk Perusahaan Teknologi Informasi ini, BEI, KSEI, dan KPEI masing-masing akan menyetor dana Rp25 milyar. Sahamnya akan dimiliki BEI, KSEI dan KPEI masing masing sepertiga atau 33,3% itu modal awal yang disetor,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (9/8).

Perusahaan teknologi informasi tersebut ditargetkan segera berdiri di akhir tahun ini. "Sudah ada dalam perencanaan kegiatan kami pada tahun ini, kami berharap bisa selesai sebelum akhir tahun," ucapnya.
Menurutnya, keputusan SRO untuk menelurkan anak usaha di bidang teknologi informasi tersebut guna mendukung rencana pembukaan izin perusahaan efek daerah.

"Perusahaan Efek Daerah (PED) dapat menggunakan jasa perusahaan teknologi informasi itu, sehingga menjadi solusi bagi pengembangan PED juga,” jelasnya.

Hasan menuturkan, perusahaan teknologi informasi yang akan dibentuk oleh SRO ini nantinya akan menjadi anak usaha SRO yang juga akan mendukung infrastruktur Perusahaan Efek Daerah (PED) dan Anggota Bursa (AB) yang belum memiliki system perdagangan online.

"Bagi pelaku pasar atau AB yang belum menyediakan wahana perdagangan digital juga dapat menggunakan jasa dari perusahaan teknologi informasi tersebut," pungkasnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Arief Prasetyo

didi
09-08-2018 16:31