Main Menu

Potensi Kenaikan IHSG Hari Ini Diprediksi Masih Terbuka Lebar

didi
12-09-2018 07:04

Seorang pria mengamati layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/yus4)

Jakarta, Gatra.com -- Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam jangka menengah dan panjang berada dalam pola kenaikan, sehingga para pelaku pasar disarankan untuk memanfaatkan tren koreksi minor sebagai peluang untuk mengakumulasi pembelian.

 

Menurut analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, potensi kenaikan IHSG masih terbuka cukup lebar untuk tren jangka panjang dan laju indeks di pekan pendek ini bergerak cukup moderat dalam rentang konsolidasi wajar.

"Capital inflow diharapkan terus terjadi, agar bisa mendorong kenaikan IHSG. Momentum koreksi wajar dapat dimanfaatkan dengan mengakumulasi pembelian, mengingat IHSG dalam kondisi uptrend jangka panjang," kata William di Jakarta, Rabu (12/9).

Ia mengatakan, rilis data penjualan eceran terlansir menunjukkan bahwa kondisi perekonomian masih berada dalam kondisi stabil. Tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) sebesar 2,9% (yoy) pada Juli 2018 atau meningkat dibandingkan dengan 2,3% pada Juni 2018.

Lebih lanjut dia menyebutkan, saat ini IHSG memiliki support terdekat yang akan berupaya dipertahankan pada level 5.671, sedangkan target resisten terdekat yang berusaha ditembus ada pada posisi 5.889. "Hari ini IHSG berpotensi melaju naik," ujar William.

Sementara itu, analis PT KGI Sekuritas Indonesia, Yuganur Wijanarko menuturkan, pergerakan IHSG yang berada dalam rentang konsolidasi diperkirakan akan menuju level 5.950, setelah pada transaksi sebelumnya berakhir melemah tipis sebesar 0,35% ke level 5.831.

Ia mengatakan, aksi jual oleh kaum beruang telah membuat IHSG tertahan dalam pola konsolidasi minor pada transaksi harian.

"Namun, kami masih optimistis pada saat ini. Hanya menunggu waktu untuk rally naik menuju target resisten berikutnya di kisaran 5.950-6.016," ujar Yuganur.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Aries Kelana

didi
12-09-2018 07:04