Main Menu

Telkomsel Gandeng 14 Perusahaan e-Commerce untuk Perluas Distribusi Layanan

Wanto
23-12-2016 08:46

Jakarta, GATRAnews - Telkomsel menggandeng 14 perusahaan e-commerce ternama Tanah Air untuk memperluas jaringan distribusi layanan dan memudahkan sekitar 170 juta pelanggannya, di mana 80 juta dari jumlah itu merupakan pelanggan data. Dari 80 juta pelanggan, 24 sampai 35 juta pernah melakukan transaksi e-commerce. Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid dalam acara penandatangan kerja sama dengan 14 perusahaan e-commerce di Jakarta, Kamis (22/12), mengatakan, kerja sama ini akan membuat pelanggan lebih mudah untuk memperoleh layanan Telkomsel melalui saluran daring (online channel).

Empat belas perusahaan e-commerce yang baru menjalin kerja sama dengan Telkomsel ini adalah Tokopedia, Kaskus, Alfacart, Blanja, Lazada, Go-Jek, Mataharimall, Traveloka, Bhinneka, Blibli, JD.id, Grab, Bukalapak dan Dinomarket. Penandatangan kerja sama ini dilakukan Mas'ud dan para chief executive officer (CEO) dari ke-14 perusahaan e-commerce. Kerja sama ini juga melibatkan para mitra aggregator, yakni Koperasi Telekomunikasi Selular, PT Narindo Sarana Komunikasi, PT Oromont Symphony, dan PT Pulsa Media Bersama. "Perkembangan e-commerce yang sangat pesat di Indonesia membuat Telkomsel yakin mampu untuk mengembangkan model bisnis yang akan menguntungkan pelanggan," katanya.

Dalam kerja sama ini, Telkomsel menjadi penyedia stok pulsa prabayar, baik pulsa reguler yang akan menambah saldo pulsa pelanggan, maupun pulsa data yang akan menambah kuota layanan data pelanggan. Sementara mitra online, lanjut Mas'ud, merupakan saluran pemasaran yang menyediakan stok pulsa prabayar Telkomsel. Sedangkan mitra aggregator berperan sebagai penyedia teknologi host-to-host yang memungkinkan terjadinya transaksi isi ulang pulsa Telkomsel melalui mitra online.

Dengan adanya kerja sama ini, pelanggan Telkomsel dapat memperoleh pulsa reguler maupun pulsa data dengan mengakses aplikasi mobile atau situs e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Telkomsel. Menurut Mas'ud, pelanggan cukup memilih menu pembelian pulsa, lalu memasukkan nomor ponsel yang akan diisi ulang pulsa, kemudian memilih denominasi yang tersedia mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 1 juta.

Selanjutnya, pelanggan memilih metode pembayaran yang disediakan, di mana setelah transaksi sukses dilakukan, pulsa akan masuk ke nomor ponsel pelanggan dan pelanggan akan menerima SMS notifikasi bahwa transaksi berhasil dan pulsa telah bertambah. Saat ini pelanggan telah dapat menikmati kemudahan memperoleh pulsa reguler dan pulsa data melalui mitra online yang sudah bekerja sama dengan Telkomsel, yakni Tokopedia, Kaskus, Alfacart, Blanja, Lazada, dan Go-Jek. "Dalam waktu dekat, layanan yang sama juga bisa dinikmati pelanggan di Mataharimall, Traveloka, Bhinneka, Blibli, JD.id, Grab, Bukalapak, dan Dinomarket," ujarnya. 

Selain dengan mitra online, baru-baru ini Telkomsel juga menjalin kerja sama serupa dengan mitra perbankan yang terdiri dari bank swasta nasional, bank BUMN, dan bank BPD di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai dengan Papua. Kerja sama tersebut menjadikan bank sebagai saluran penyedia pulsa reguler dan pulsa data Telkomsel dengan denominasi mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 1 juta melalui layanan electronic banking (e-banking), automatic teller machine (ATM), internet banking, SMS banking  dan mobile banking (m-banking). 

"Kehadiran mitra online sebagai saluran distribusi layanan Telkomsel tentunya memperkaya ragam alternatif saluran untuk mendapatkan layanan di samping melalui mitra reguler dan mitra perbankan yang sudah pelanggan nikmati selama ini. Kini pelanggan dapat memilih untuk memperoleh layanan melalui saluran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupnya," kata Mas’ud.


Reporter: Wanto

editor: Nur Hidayat

Wanto
23-12-2016 08:46