Main Menu

Kemendes PDTT Jajaki Peluang Kerja Sama E-Commerce dengan AS

didi
03-02-2017 13:00

Jakarta, GATRAnews - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo melakukan pertemuan dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. Dalam pertemuan tersebut, Mendes PDTT Eko Sandjojo menyampaikan pentingnya setiap desa untuk memiliki Produk Unggulan Desa (Prudes).

"Kami dorong agar desa-desa dapat memiliki produk unggulan desa yang dipastikan akan memiliki nilai tawar yang lebih tinggi. Ini jadi potensi besar pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional jika terus dikembangkan," ujar Menteri Eko, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (3/2).

Namun, menurut Eko, keterbatasan akses jaringan dan pasar masih menjadi kendala utama. Perkembangan teknologi digital pun diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan Prudes. Misalnya, lanjut Menteri Eko, dengan memanfaatkan e-commerce dan situs belanja online.

"Kami berharap Kemendes PDTT dan kementerian atau instansi lain di Amerika Serikat dapat menjalin kerja sama dalam hal pengembangan e-commerce untuk promosi dan pemasaran desa. Selain itu, juga dapat dilakukan peningkatan kapasitas masyarakat dalam hal informasi dan teknologi (IT)," katanya.

Eko menyampaikan program prioritas lainnya, yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang berguna untuk mendorong perluasan akses pasar, peningkatan skala ekonomi, penyediaan sarana dan prasarana pascapanen, maupun bantuan permodalan. Begitu juga dengan embung air desa yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

“Kami juga prioritaskan embung yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air, menjaga kualitas air tanah, serta mencegah banjir. Satu hal lagi adalah mendorong pembangunan sarana olahraga,” ujarnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
03-02-2017 13:00