Main Menu

Tekad JD.ID Rajai E-Commerce Indonesia

Andhika Dinata
25-11-2017 07:09

Acara JD.ID Campus Roadshow di Yogyakarta beberapa waktu lalu. (Dok. JD.ID/FT02)

Jakarta, Gatra.Com - Serbuan e-commerce yang tak terbendung membuat perusahaan berlomba-lomba memasarkan produk dagangnya secara lebih masif, cepat dan efektif. E-commerce menjadi terobosan bisnis di era masa kini yang mampu menghubungkan entitas bisnis dengan penggunanya lewat perangkat teknologi aplikasi yang moderat tanpa terbatas ruang dan waktu. Kecepatan akses menjadi kunci keandalan meraih segmentasi pasar serta menggandeng konsumen potensial.

 

Saat ini penggunaan e-commerce sudah diterapkan di berbagai lini perusahaan dengan pelbagai jenis variasi produk, mulai dari barang-barang elektronik hingga kebutuhan rumah tangga dan konsumsi. Salahsatunya juga menyasar pada produk fashion, butik atau pakaian. Salahsatu yang cukup menonjol adalah JD.ID sebuah perusahaan mall online yang kini mulai mengepakkan pengalaman e-dagang nya ke bisnis fashion atau busana. 

 

Perusahaan ini juga tergabung dengan JD.com, e - commerce raksasa asal Cina. Kekuatan misi dari perusahaan ini adalah menerapkan standar operasi yang tinggi untuk kecepatan akses dan layanan kepada konsumen serta berani menawarkan ragam produk asli (original) dengan harga yang kompetitif. Caranya dengan memanfaatkan kepemilikan infrastruktur logistik dan jaringan kemitraan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

 

Untuk rantai pasok dan distribusi, JD.ID mematok waktu layanan pengantaran yang cepat dan mampu menjangkau seluruh wilayah indonesia. Dengan segala keunggulan kompetitifnya, perusahaan ini bertekad menjadi perusahaan e-dagang yang paling populer serta dipercaya oleh pelanggannya. Kehadiran JD.ID turut meramaikan bursa toko online di Indonesia saat ini yang dikuasai Lazada, Bibli, Tokopedia, Bukalapak, Zalora dan sebagainya. 

 

Salahsatu terobosan yang dilakukan perusahaan baru-baru ini adalah meluncurkan produk private label kategori fashion untuk pertama kalinya di Indonesia, yaitu STYLEHAUS. Bahkan baru-baru ini, JD.ID menampilkan koleksi perdananya bertemakan Elixir Life berkolaborasi dengan desainer kondang Barli Asmara, fashion designer kenamaan yang terkenal dengan karya desainnya yang anggun dan elegan.

 

Sejak Februari lalu JD.ID sudah memperkenalkan kategori fashionnya kepada masyarakat Indonesia serta memeroleh respon yang baik dari banyak kalangan. Kategori fashion yang diretas JD.ID sendiri mengalami pertumbuhan pesat dengan menyediakan lebih dari 130 ribu varian produk fashion. 

 

Bisa disebut perusahaan ini menarget produk fashion sebagai role modelnya. Slogan bisnis yang dibawa adalah beautiful-quality-affordability. Brand dari STYLEHAUS menyasar konsumen yang mencari busana ready-to-wear dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. 

 

“Kami memutuskan meluncurkan private label sendiri karena kami melihat potensi sangat besar untuk kategori fashion, khususnya di e-commerce. STYLEHAUS kami hadirkan sebagai bentuk komitmen JD.ID menghadirkan karya fashion berkualitas bagi kaum urban di Indonesia,” ujar Head of Fashion Category JD.ID, Stephanie Susilo dalam keterangan tertulis yang diterima GATRA.com (24/11).

 

Tentang kerjasama dengan desainer kawakan Barli Asmara—desainer yang pernah menjadi langganan Presiden Jokowi—pihaknya menyebutkan hal itu penting dilakukan untuk menggandeng market karena Barli sendiri memiliki reputasi yang baik dan teruji di industri fashion. Bahkan karya Barli juga pernah ujuk kemampuan dalam pameran busana di New York Fashion Week di tahun 2017. “Pada kesempatan perdana ini sangat spesial karena bisa berkolaborasi dengan Barli Asmara yang sudah memiliki reputasi yang baik di bidang ini,” ujarnya lagi.

 

Menjawab bagaimana meracik strategi menguasai segmen pasar, Stephanie menuturkan pihaknya konsisten dalam menjaga mutu (high quality product) serta berorientasi pada pasar (konsumen). Cara ini terangnya menjadi modal bagi JD.ID memenangi kompetisi kuatnya persaingan e-commerce khususnya di segmen fashion. Harga tentu juga jadi pertimbangan. Bahkan terang Stephanie dalam pameran STYLEHAUS perdananya pada Selasa lalu (21/11), produk STYLEHAUS rancangan Barli Asmara ditawar dengan range harga cukup terjangkau antara Rp. 450.000 hingga Rp. 950.000.

 

“Kita berkomitmen dengan produk asli dan berkualitas dan selalu mengutamakan konsumen. Value ini sama dengan cara saya mengelola brand saya sendiri. Menurut saya, STYLEHAUS adalah solusi untuk mereka yang ingin mendapatkan produk pakaian premium yang berkualitas namun dengan harga yang tetap terjangkau,” pungkasnya.


 

Reporter : Andhika Dinata

Editor : Sandika Prihatnala

Andhika Dinata
25-11-2017 07:09