Main Menu

Pemerintah Dorong UMKM Lokal Beralih ke Online

Abdul Rozak
20-02-2018 14:12

Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel A. Pangarepan. (Dok. Kemenkominfo/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengimbau pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) lokal beralih ke pasar digital atau e-commerce. Potensi berbisnis online sangat besar dibanding konvesional.

 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A Pangerapan mengatakan berbisnis online mempunyai kesempatan lebih besar untuk berkembang. Selain itu daya saing pun akan meningkat.

"Ini sudah saatnya pelaku UMKM lokal siapkan produk-produk unggulan untuk dijual secara online" ungkap Samuel dalam diskusi publik E-commerce Ecosystem Outlook 2018 di Jakarta, Selasa (20/2).

Promosi produk di platform digital, sambung Samuel, tidak terbatas dan membuka pasar semakin lebar. Bisnis online ke depan diramalkan menjadi tulang punggung UMKM di tanah air.

Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mira Tayyiba menuturkan, e-commerce akan menjadi salah satu pilihan strategis para pelaku bisnis, sehingga daya saing akan meningkat.

Mira menambahkan UMKM lokal harus memperkuat hulu sebelum masuk ke e-commerce sebagai hilir usahanya. Hal tersebut dikatakan Mira, mengingat dalam sektor e-commerce masih banyak bisnis berbasis asing.

"Tantangan yang dihadapi yakni daya saing lokal dengan asing. Maka UMKM harus kita perkuat hulu agar mampu bersaing" ungkap Mira.

Mira mengimbau semua pihak termasuk pemerintah yang mendorong UMKM lokal bermigrasi ke digital dan memperkuat hulu UMKM. Salah satunya dengan identifikasi data produk unggulan dan pelaku UMKM.

Sementara Ketua Umum Indonesia E-commerce Association (idEA) Aulia E. Marinto meniturkan dalam e-commerce, UMKM dituntut meningkatkan kreativitas dalam mengolah usahanya, kemandirian digital juga diperlukan.

Kemandirian digital yang dimaksud yakni mampu membaca kondisi pasar sehingga dapat mengambil langkah strategi dalam mengelola pemasaran online.

"Itu kunci untuk berkelanjutan, kalau UMKM nya tidak punya kemandirian dalam digital, tidak lama UMKM tersebut akan mengalami kemunduran" kata Aulia.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Abdul Rozak
20-02-2018 14:12