Main Menu

Makerfest Coba Gaet Kreator  Kota Padang

Mukhlison Sri Widodo
21-04-2018 23:29

Makerfest di kota Padang,(GATRA/Zulfikar/re1)

Padang, Gatra.com - Setelah hadir di Kota Medan, kali ini Makerfest, sebuah gerakan independen untuk mengembangkan kreator lokal hadir di Kota Padang selama dua hari, 21-22 April 2018 di Lapangan Imam Bonjol, Kota Padang.

 

Makerfest dibangun untuk mencari, mengedukasi, dan memberikan lapak online maupun offline bagi kreator muda Indonesia dalam mengembakan ide kreatif mereka, dengan harapan, brand yang mereka miliki bisa mendunia.

Siti Fauziah yang akrab disapa Puji, salah seorang perwakilan Makerfest menyebutkan Kota Padang menjadi salah satu tujuan hadirnya Makerfest karena wilayah tersebut memiliki pertumbuhan merchant yang cukup besar. 

"Pertumbuhan kreator di Padang terhitung sejak 2017 itu sampai 30%,” ujarnya seperti dikutip dari rilis di Weekend Cafe, Pondok, Padang, Sabtu (21/04).

Dikatakannya, setelah adanya seleksi, Makerfest memilih 30 kreator untuk ikut kompetisi di tingkat nasional. 

"Produknya beragam, kita sudah adakan seleksi, ada persyaratan yang kita ajukan, salah satunya kita juga melihat keseriusan mereka untuk berkembang lebih baik kedepan," kata Puji.

Kompetisi ini, katanya akan mendapatkan total hadiah Rp10,5 miliar. 

"Pemenang pertama akanwndapatkan hadiah senilai Rp 1 milyar. Pemenang ke dua, Rp 300 juta dan yang ke tiga mendapatkan uang tunai Rp 200 juta," ungkap Puji.

Setelah kunjungan ke delapan kota, Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar, maka akan dipilih 24 peserta skala nasional. 

Lalu, diseleksi lagi, 10 peserta terbaik diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya di hadapan para juri, akhir Desember mendatang.

Diceritakan Puji, Makerfest hadir atas ide William Tanuwijaya, Chairman Makerfest 2018. Menurutnya, William terinspirasi dari hasil karya para kreator lokal. 

"Dia sering mengunjungi kreator lokal. Banyak produk yang bagus, namun kebanyakan mentok di level UMKM. Dia ingin, UMKM itu bisa menjadi sebuah industri, lalu menjadi brand-brand masa depan yang mendunia," jelasnya.

Makerfest, kata Puji, merupakan gerakan kolaborasi dengan Tokopedia dan didukung oleh institusi-institusi pemerintah sekaligus pelaku industri Indonesia. 

Seperti, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika seta JNE.

Untuk kota Padang sendiri, kata Puji, ada 30 kreator yang terpilih. Mereka punya kesempatan untuk menang.


Reporter : Zulfikar
Editor : Mukhlison 

Mukhlison Sri Widodo
21-04-2018 23:29