Main Menu

Kolaborasi Astra dan WeLab Rintis Perusahaan Fintech P2P

Aulia Putri Pandamsari
05-09-2018 19:37

Launching PT. Astra WeLab Digital Arta.(ANTARAnews/re1)

Jakarta, Gatra.com - PT. Astra Internasional Tbk melalui anak perusahaannya PT. Sedaya Multi Investama berkolaborasi dengan WeLab -sebuah perusahan teknologi yang berbasis di Cina dan Hongkong- membentuk suatu perusahaan financial technology (fintech) peer to peer lending (P2P) bernama PT. Astra WeLab Digital Arta atau yang disingkat menjadi AWDA.

 

"WeLab sudah beroperasi sejak tahun 2013 dan merupakan satu dari 100 perusahaan fintech yang mendapat award. Astra tentu mencari partner yang paling terdepan di industrinya," terang Direktur PT. Astra International, Suparno Djasmin menjelaskan alasan di balik kerjasamamya dalam konferensi pers, Rabu (5/9).

AWDA sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan(OJK) dengan nomor registrasi S-626/NB.213/2018 dan akan mulai beroperasi hari ini. Dengan diluncurkannya aplikasi mobile AWDA, yaitu Maucash, diharapkan dapat memberikan akses pinjaman dimana saja dan kapan saja secara cepat dan efisien.

Selain itu, AWDA juga dapat memanfaatkan berbagai lini usaha finansial yang dimiliki oleh Grup Astra. Mulai dari perbankan, perusahaan pembiayaan hingga asuransi. Sementara itu, WeLab menyediakan teknologi kredit proprietary dan fintech know-how.

"Teknologi yang dimiliki WeLab merupakan analitik big data berbasis Artificial Intelligence dan mobile yang akan membantu memberikan pinjaman," ujar Simon Loong pendiri sekaligus CEO WeLab pada kesempatan yang sama.

Total dana yang digelontorkan dalam pembentukan perusahaan ini adalah US$ 21 juta. Dengan, Astra menggenggam sebesar 60% saham, dan WeLab sebesar 40%. Target pasar dari fintech ini belum dijelaskan secara detail.

Namun, melihat potensi market dari anak muda Indonesia, AWDA salah satunya akan membuat produk emergency loan dengan besaran berkisar dari Rp. 1 juta hingga 3,5 juta dan tenor 10 sampai 30 hari.


Reporter: Aulia Putri Pandamsari
Editor: Hidayat Adhiningrat P

Aulia Putri Pandamsari
05-09-2018 19:37