Main Menu

Lihat Kondisi Fiskal, Target Pertumbuhan Ekonomi Tak Akan Tercapai

didi
06-10-2016 15:16

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Muhammad Hafisz Tohir (Dok/DPR/re1)

Jakarta, GATRAnews - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Muhammad Hafisz Tohir mengatakan, target pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan oleh pemerintah sebesar 5,2% akan sulit dicapai dengan kondisi fiskal yang ketat seperti saat ini. "Saya kurang yakin ekonomi akan tumbuh 5,2% seperti yang disampaikan oleh Pak Darmin," kata Hafisz, seperti dilaporkan Antara, Kamis (6/10).

Ia memprediksikan, pertumbuhan ekonomi pada angka 5% dan bisa meningkat 0,1% dengan mendorong target pembayaran uang tebusan dalam program amnesti pajak sebesar Rp165 trilyun bisa segera masuk ke kas negara.

"Kalaupun maksimal bisa 5,1% itu pun dengan syarat tax amnesti disetorkan uang Rp165 trilyun ke kas negara," paparnya.

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN itu mengharapkan pemerintah bisa bekerja keras dan memutuskan kebijakan fiskal yang tepat sehingga pertumbuhan ekonomi bisa lebih baik.

Sebelumnya Menko Perekonomian Darmin Nasution, di Jakarta, Rabu (5/10), menyatakan keyakinannya, target pertumbuhan ekonomi 5,2% pada 2016 dapat tercapai.

Darmin mengatakan, proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini yang ditargetkan pemerintah tidak mengalami perubahan meski beberapa pihak seperti Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2106 ada pada angka 5%.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief
 

didi
06-10-2016 15:16