Main Menu

Ketua KPK: Terapkan e-Samsat Untuk Penguatan Fiskal Daerah

Iwan Sutiawan
28-12-2017 00:16

E-Smart Samsat di Surabaya (Antara/M Risyal Hidayat/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemberantasan Korupsi mendorong seluruh pemerintah daerah (pemda) mengimplementasikan e-Samsat yang transparan dan akuntabel untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).


Ketua KPK, Agus Rahardjo dalam konferensi pers tentang Kinerja KPK Tahun 2017 di KPK Jakarta, Rabu (27/12), mengatakan, penerapan e-samsat merupakan salah satu upaya penguatan kapasitas fiskal daerah melalui optimalisasi pendapatan daerah.

Menurut Agus, bentuk intervensi yang dilakukan di antaranya dengan mendorong pengembangan sarana prasarana seperti penguatan SDM, integrasi data dengan Polri, Jasa Raharja, dan perbankan serta penggunaan teknologi informasi dalam proses pelayanan Samsat.

Sedangkan dari sisi KPK sebagai salah satu lembaga penegak hukum, berusaha senantiasa menjaga kinerja dalam hal pencegahan, penindakan maupun kelembagaan. Sejak lembaga ini berdiri, ungkap Agus, Laporan Keuangan KPK selalu memiliki Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Demikian juga dengan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah (LAKIP), selama 6 tahun terakhir sejak tahun 2011, KPK memperoleh Nilai A," ujar Agus.

Penghargaan lainnya yang diterima KPK tahun ini, adalah penghargaan International Anti-Corruption Excellence Award’(IACEA) dalam kategori Anti-Corruption Youth Creativity and Engagement Award untuk Gerakan Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK). 


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
28-12-2017 00:16