Main Menu

Ini Cara BKPM Permudah Akses Informasi Mengurus Tax Holiday

Sandika Prihatnala
05-04-2018 23:56

Ilustrasi BKPM. (GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Bagi calon investor yang ingin cari informasi soal mengurus tax holiday, Badan Koordinasi Penanaman Modal akan luncurkan produk layanan yang dinamakan In Advance Notification.

 

Direktur Pelayanan Fasilitas Penanaman Modal BKPM, Endang Supriyadi mengatakan, In Advance Notification bermanfaat bagi calon investor yang datang ke Indonesia, bingung mencari informasi kepada siapa, bisa datang ke BKPM dan akan dibantu.

Calon investor dapat mengirim surat tentang rencana investasi beserta segala informasinya. Selanjutnya BKPM akan mengundang pihak terkait untuk rapat, mengingat di peraturan nanti tidak ada rapat pasca pengajuan Tax holiday.

Rapat ini terjadi jika calon investor itu tidak ada cakupan produk di Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) nya, sehingga untuk menerbitkan in Advance Notificationnya, perlu pendapat Kementerian Lembaga tapi di bawah koordinasi BKPM.

Jika dalam rapat itu diputuskan calon investor ini bisa mendapat Tax Holiday, maka BKPM akan mengirim surat ke calon investor bahwa dia bisa dapat Tax holiday nantinya. jika dalam pendaftarannya nanti ada perubahan lagi, maka BKPM akan cek lagi.

"Selama tidak ada perubahan, saat perusahaan mendaftarkan dengan melampirkan Surat In Advance Notificationnya, nanti kepala BKPM akan mengirimkan surat usulan ke Kemenkeu," ujarnya.


Reporter : Umaya Khusniah

Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
05-04-2018 23:56