Main Menu

Ditjen Pajak Siapkan Pengisian SPT Secara Otomatis

Aulia Putri Pandamsari
21-04-2018 17:56

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan. (ANTARA/ Ujang Zaelani/re1)

Lobok, gatra.com - Direktorat Jenderal Pajak tengah menyiapkan sistem pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan(SPT) secara otomatis atau Prepopulated Returns. Dengan sistem ini memungkinkan Wajib Pajak untuk tidak perlu mengisi SPT, melainkan hanya meneliti kembali draft SPT yang dikirimkan oleh Ditjen Pajak.

Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan menjelaskan bahwa Wajib Pajak berhak untuk tidak menyetujui dan mengoreksi draft SPT yang dikirimkan kepadanya. Namun melalui sistem ini, menegaskan peran pemerintah khususnya Ditjen Pajak bahwa mereka mengetahui profil dari Wajib Pajak tersebut.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak, Kementerian Keuangan, Suryo Utomo menambahkan bahwa sistem prepopulated returns ini sudah dilakukan piloting di 15 perusahaan. “Untuk PPh 23 dan PPh 21 sudah kami uji coba di 15 perusahaan. Jadi perusahaan pemotong selain membuat SPT pemotongan dia juga meng-create SPT orang yang dipotong,” kata Suryo dalam acara temu awak Media, di Lombok, Jumat(20/4).

Sistem ini diharapkan ini mulai efektif dua atau tiga tahun mendatang, sejalan dengan reformasi teknologi informasi, basis data, dan proses bisnis atau modernisasi core tax system(sistem inti perpajakan) yang akan mulai efektif pada tahun 2021. Sebelum itu, Ditjen Pajak akan terus memperbaiki sistem pelaporan SPT melalui online seperti e-filling.


 Reporter : APP

Editor : Bernadetta Febriana

Aulia Putri Pandamsari
21-04-2018 17:56