Main Menu

Sanyo Salin Nama Jadi Aqua

didi
22-09-2015 21:15

Merek Sanyo kini berubah menjadi Aqua (GATRAnews/dok)

Jakarta, GATRAnews - Merek Sanyo mungkin sudah banyak dikenal oleh masayarakat sebagai produk home appliance. Namun kini merek Sanyo telah resmi berubah menjadi Aqua. Dengan nama tersebut, Aqua menargetkan penjualan produk-produknya; televisi, kulkas, mesin cuci dan AC bisa meningkat tiga kali lipat pada 2019.

 

"Target kami di 2019 adalah penjualan bisa meningkat tiga kali lipat,” tegas Direktur Eksekutif Aqua Brand untuk Asia Tenggara Kenji Sadayuki di Jakarta, Selasa (22/9).

 

Executive Manager Sales Marketing Aqua Fajar Surya merasa yakin target tersebut bisa dicapai sesuai dengan waktunya. Pasalnya menurut Fajar, penetrasi untuk produk kulkas dan mesin cuci serta AC masih rendah sehingga hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi Aqua untuk berpenetrasi ke pasar tersebut.

 

“Kalau TV mungkin hampir semua rumah tangga sudah mempunyai, akan tetapi AC, kulkas dan mesin cuci masih rendah penetrasinya maka dari itu, kita optimis bisa masuk ke pasar tersebut,” katanya.

 

Ia memaparkan bahwa market share produk Aqua untuk kulkas mencapai sembilan persen sementara mesin cuci mencapai sebelas persen. Soal penjualan, sambung Fajar, penjualan kulkas bisa mencapai 50-70 ribu per bulan dan mesin cuci mencapai 50 ribu per bulan sementara untuk produk AC masih tergolong sedikit.

 

“Komposisinya lebih banyak menjual kulkas sebesar 45%, mesin cuci 35% dan sisanya campur. Biasanya pada waktu-waktu tertentu penjualan bisa lebih tinggi dari biasanya khususnya pada saat puasa dan lebaran idul fitri,” jelasnya.

 

Terkait dengan harga, produk-produk Aqua dibandrol dengan harga beragam. Untuk kulkas satu pintu, harga yang ditawarkan antara 1,7 juta sampai dengan 2 juta, dan kulkas dua pintu antara 3 juta sampai dengan 3,5 juta. Sementara untuk mesin cuci satu tabung, dibandrol dengan harga 2,5 juta sampai 3 juta rupiah. Dan untuk TV dibandrol dengan harga 1,9 juta sampai dengan 6 juta.

 

“Tentunya produk-produk kami mempunyai teknologi dari Jepang yang sudah terbukti kualitasnya,” jelasnya.

 

Sanyo atau kini Aqua merupakan perusahaan asal Jepang yang telah lama berdiri di Indonesia. Bahkan, Aqua termasuk  salah satu perusahaan asing besar yang berinvestasi di Indonesia. Pertama kali mendirikan pabrik dan beroperasi di Indonesia sejak 1970 atau telah 45 tahun. Pabrik yang terletak di Cikarang tersebut mampu memproduksi 850 ribu kulkas setiap tahunnya dengan jumlah karyawan 1.200.

 

Produk Aqua dapat ditemukan di seluruh Indonesia melalui cabang perusahaan dan agen yang tersebar di beberapa kota. Selain itu, Aqua juga mempunyai jaringan yang cukup kuat dengan 125 service center yang telah hadir untuk memudahkan proses pembelian dan layanan purna jual.

 

Managing Director untuk pabrik di Cikarang Shinichi Nakase menambahkan bahwa pihaknya telah memproduksi Sanyo produk elektronik rumah tangga sejak awal yang selalu menggunakan kualitas pabrikan terbaik dari Jepang dan teknologi Jepang yang mutakhir.

 

"Kami sangat bangga untuk menyaksikan merek kami dari Jepang yaitu Aqua bisa diluncurkan di Indonesia. Kami juga sangat bahagia untuk membawa standar Jepang yang sama pada merek ini,” pungkasnya.


 

Reporter: Didi Kurniawan

didi
22-09-2015 21:15