Main Menu

BKPM Matangkan Desk Khusus Industri Padat Karya

didi
29-09-2015 18:11

Kepala BKPM Franky Sibarani (GATRA/Eva Agriana)

Jakarta, GATRAnews - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mematangkan rencana pembentukan "desk" khusus industri padat karya yang bertujuan untuk memberikan respon cepat atas permasalahan atau hambatan yang dihadapi oleh industri tersebut di lapangan.

Kepala BKPM Franky Sibarani, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (29/9), mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi lintas kementerian pada Jumat (2/10), guna mematangkan rencana tersebut.

"Rencananya koordinasi lintas Kementerian ini akan melibatkan BKPM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, khususnya Ditjen Pajak dan Bea Cukai dan Kementerian Tenaga Kerja. Dalam identifikasi BKPM bersama asosiasi tekstil dan sepatu, permasalahan yang dihadapi memerlukan koordinasi dengan kementerian tersebut," kata Franky.

Menurut Franky, koordinasi lintas kementerian pada tahap awal ini cukup penting untuk memastikan "desk" khusus tersebut berjalan efektif mengingat permasalahan yang dihadapi industri padat karya sangat terkait dengan kementerian lainnya.

Permasalahan yang dihadapi industri tekstil eksisting dari hasil identifikasi Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) adalah peningkatan biaya produksi akibat bahan baku yang masih impor, daya beli masyarakat yang menurun, serta masuknya pakaian impor, terutama yang masuk secara ilegal.

Oleh karena itu, menurut dia, koordinasi dengan lintas kementerian sangat diperlukan guna mengatasi permasalahan tersebut.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
29-09-2015 18:11