Main Menu

KKP Tujukan 70% Anggarannya untuk Nelayan

didi
02-10-2015 15:53

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (GATRA/Ardi Widi Yansah)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan akan mengalokasikan 70% anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk nelayan. “Kami melakukan ini karena kami memiliki rencana baik untuk nelayan,” ujar Susi, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menteri Susi menyatakan, maraknya kasus IUU Fishing yang terjadi di Indonesia membuat sumber daya laut semakin berkurang. Dampaknya nelayan-nelayan kecil kesulitan mencari ikan di laut. “Selama satu dekade terakhir rumah tangga nelayan turun dari 1,6 juta menjadi 800 saja,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan dengan berkurangnya sumber daya laut, profesi nelayan sekarang ini menjadi tidak lagi menarik dan menguntungkan. “Ini terjadi karena sudah tidak ada lagi ikan di laut, akibat dikeruk habis oleh kapal asing,” tambahnya.

Ia menjelaskan, dengan terbitnya Peraturan Menteri Nomor 56 Tahun 2014 tentang Moratorium (penghentian sementara) perizinan usaha perikanan tangkap bagi kapal-kapal eks asing dan pemberantasan IUU Fishing, sumber daya laut semakin membaik.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
02-10-2015 15:53