Main Menu

Semen Gresik Pertahankan Market Share 11% di Jakarta

didi
25-10-2015 21:00

Pabrik Semen Gresik Gatra/Jongki Handianto)

Jakarta, GATRAnews - Penjualan Semen Gresik, salah satu anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk wilayah Jakarta, periode Januari hingga September 2015 mencapai 433,93 ribu ton. Seiring dengan itu, Semen Indonesia ingin tetap pertahankan market share di Jakarta sebesar 11%.

Direktur Komersial Semen Gresik Mukhamad Saifudin mengatakan, penjualan Semen Gresik untuk wilayah Jakarta hingga kuartal III ini mengalami penurunan sebesar 14,3% dibanding tahun lalu sebesar 518,06 ribu ton.

"Penurunan penjualan Semen Gresik tersebut seiring dengan penurunan konsumsi semen di wilayah Jakarta sebesar 7,8% atau sebesar 3,87 juta ton dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 4,19 juta ton," kata Saifudin, di Jakarta, Minggu (25/10).

Menurutnya, penurunan permintaan semen dilatarbelakangi lesunya kondisi ekonomi nasional, ketatnya persaingan pasar karena beredarnya beberapa merk semen baru.

"Pada semester II ini, seiring mulai berjalannya berbagai proyek infrastruktur di Jakarta, seperti proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) yang mulai Ground Breaking September 2015 dengan menggunakan produk Semen Gresik, kami optimis penjualan akan meningkat," paparnya.

Hal tersebut terlihat dari penjualan bulan September 2015 meningkat 10% dibanding bulan yang sama tahun lalu. Pihaknya menargetkan hingga akhir pada 2015 ini mempertahankan market share di wilayah Jakarta sebesar 11%.

Dalam memanjakan pelanggan dan mempertahankan market share, Semen Gresik secara intens menggelar Customer Gathering di seluruh area pemasarannya. Pada hari Minggu (25/10) Customer Gathering dilaksanakan untuk pelanggan kota Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Cilegon, Depok dan Serang, yang dilaksanakan di Hotel Shangrila, Jakarta.

"Semen Indonesia berusaha selalu dekat dengan kosumen, salah satu cara seperti hari ini dengan menggelar customer gathering. Semen Gresik juga memberikan penghargaan kepada kepada 15 pelanggan ketegori best customer toko dan delapan pelanggan kategori platinum," jelasnya.

Customer gathering kali ini mengusung tema “Sumpah Palapa”, yang dikemas dalam drama kolosal Gadjah Mada. Gajah Mada, seorang Mahapatih Majapahit yang memiliki wawasan geopolitan tentang Nusantara yang disampaikan dalam Sumpah Palapa, ia bertekad menyatukan bumi Nusantara. Rasa nasionalisme menjadikan namanya abadi dan tetap membahana di dada hingga kini. Sebagaimana Semen Indonesia, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertekad menjunjung tinggi rasa nasionalisme.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
25-10-2015 21:00