Main Menu

Semen Indonesia Targetkan Pendapatan Meningkat 6% di 2016

didi
29-10-2015 22:03

Bongkar muat semen (Gatra/Rifki M. Irsyad)

Jakarta, GATRAnews - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menargetkan, pada tahun depan mampu mengalami pertumbuhan pendapatan sekitar 5-6%. Faktornya, akan didorong dengan naiknya volume produksi. Direktur Utama Semen Indonesia Suparni mengatakan, volume produksi pada tahun depan akan didorong untuk meningkat sebanyak 5%.

"Tahun depan volume naik ke sekitar 5%, tahun ini pada kisaran 28,6 juta ton jadi kami akan naikkan hampir ke angka 30 juta ton. Jadi bisa dihitung pendapatan akan naik pada kisaran 5-6%," ujar Suparni, di Jakarta, Kamis (29/10).

Selain itu, Suparni mengungkapkan, peningkatan pendapatan di 2016 juga sejalan dengan proyek-proyek infrastruktur yang mulai berjalan sejak Agustus 2015.

"Strategi kami adalah maksimalisasi produksi karena kapasitas sudah full semua. Kami juga efisiensi tahun depan. Juga harga solar turun sedikit jadi distribusi tidak naik. Kami juga akan optimalkan biaya kapal. Kemudian kami juga ada packing plant baru," paparnya.

Terkait dengan kinerja tahun ini, menurut Suparni, tidak akan jauh berbeda dengan capaian pada tahun 2014. Mengingat, menurunnya capaian kinerja di awal tahun hingga semester pertama tahun ini.

Tercatat, hingga triwulan III tahun ini Semen Indonesia masih mencatat terdapat penurunan baik pada pos pendapatan ataupun laba bersih. Pendapatan turun sebesar Rp 19,11 trilyun atau 1,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 19,35 trilyun. Dan, laba bersih juga turun sebesar 21,6% menjadi Rp 3,2 trilyun dari Rp 4,08 trilyun.

"Sampai dengan September turun 1,9% sedangkan Juli kemaren turunnya 6%, jadi penurunan mengecil. Harapannya akhir tahun akan sama dengan tahun lalu secara volume," ujarnya.

Adapun, hingga tutup tahun ini laba bersih Semen Indonesoa diprediksikan akan turun sebesar 14-15% dibandingkan dengan capaian tahun lalu. "Laba masih akan minus karena situasi seperti ini. Sekarang minus 20%, akhir tahun minus 14-15% karena situasi semester pertama sangat berat," ungkapnya.

Pada tahun lalu pendapatan Semen Indonesia sebesar Rp 26,99 trilyun. Dengan laba bersih sebesar Rp 5,6 trilyun, artinya, laba bersih dan pendapatan Semen Indonesia tahun ini akan sama dengan tahun lalu.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
29-10-2015 22:03