Main Menu

Andrinof Ditunjuk Menjadi Komisaris Utama Angkasa Pura I

Nur Hidayat
30-10-2015 09:57

adrinof Chaniago (Antara/Jessica Helena Wuysang)

Jakarta, GATRAnews - Mantan Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago resmi menjadi Komisaris Utama PT Angkasa Pura I. Dalam pesan pendek yang diterima Gatranews pagi ini, Andrinof memastikan bahwa kemarin sore ia telah diserahi SK Pengangkatan yg ditandatangani Menteri BUMN, Rini Soemarno.

 

Menurut Adrinof, tak lama setelah reshuffle kabinet, atas arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, ia ditanya oleh Mensesneg Pratikno tentang tugas berikutnya mau dimana. Pilihannya menjadi Duta Besar atau menjadi Komisaris di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tempatnya pun ditawarkan pada Adrinof untuk memilih.

 

"Kalau jadi dubes, saya tidak bisa membantu pembuatan dan pelaksanaan kebijakan. Untuk komisaris, saya akan cari BUMN yg usahanya di bidang pelayanan," jawab Andrinof saat itu.

 

Andrinof lantas mencari BUMN yang menurutnya cocok; kriterianya bukan BUMN dengan 10 besar atau 20 besar nilai kekayaan atau perolehan laba. Andrinof bertekad mencari BUMN yang memberi tantangan untuk mendukung program prioritas pembangunan.

 

Pilihannya jatuh pada Angkasa Pura I yang mengelola 13 bandara di kawasan Indonesia Timur. Paling tidak, menurutnya, ada dua tantangan yang dihadapi. Satu, peningkatan kualitas pelayanan. Kedua, percepatan pembangunan di kawasan Timur Indonesia.

 

Maka, ketika ditelpon Menteri BUMN Rini Soemarno, ia mau dimana, ia langsung menjawab mau di Angkasa Pura I. "Sempat juga Bu Rini menyebut beberapa perusahaan asuransi yang kekayaannya puluhan Triliun. Tapi saya sudah mantap dengan AP I," pungkas Andrinof.


Penulis: Flora Libra Yanti

Editor: Dani Hamdani 

Nur Hidayat
30-10-2015 09:57