Main Menu

Semen Indonesia Siap Bangun Pabrik di Aceh

didi
11-11-2015 23:47

Bongkar muat semen di pelabuhan (dok. Gatra/Abdul Malik MSN)

Jakarta, GATRAnews - Perusahaan semen pelat merah, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, berencana membangunan pabrik semen di Kabupaten Pidie, Aceh. Nilai investasi untuk pembangunan pabrik saja diperkirakan sekitar Rp 3,5 trilyun hingga Rp 4 trilyun.

"Nilai investasi pembangunan pabrik berkapasitas 3 juta ton tersebut diperkirakan sekitar Rp 3,5-4 trilyun. Itu belum termasuk biaya infrastrukturnya," kata Suparni, Direktur Utama Semen Indonesia, di Jakarta, Rabu (11/11).

Untuk merealisasikan rencana tersebut, saat ini pihaknya tengah melakukan penjajakan dengan sebuah perusahaan lokal guna melaksanakan mekanisme joint venture (JV) atau pembuatan perusahaan patungan untuk membangun pabrik. Dalam perusahaan hasil patungan itu, nantinya Semen Indonesia akan menjadi pemegang saham mayoritas atau menguasai lebih dari 70%.

"Mitra partner kami sudah siap. Kerjasama sudah kami siapkan. Sekarang kami dalam proses penyelesaian study, baik visibility dan lain-lain. Jika sudah selesai, engineering-nya sudah siap, diperkirakan tahun depan kami akan melakukan ground breaking," jelasnya.

Jika sesuai rencana atau pabrik jadi dibangun pada tahun 2016, menurut Suparni, diperkirakan pabrik semen Aceh akan rampung pada tahun 2019 -2020 mendatang. "Pembangunan pabrik di Aceh menelan waktu 3 tahun lebih," ungkapnya.

Suparni menjelaskan, pabrik tersebut sengaja dibangun untuk menjaring konsumen di Sumatera bagian Timur dan Sumatera Utara. Dimungkinkan, hasil pabrik di Aceh juga akan di ekspor ke luar negeri.

"Intinya untuk pasar Sumatera Timur dan Utara. Ada kemungkinan, hasil pabrik juga akan di ekspor ke Myanmar, Malaysia, Singapura, karena negara itu potensial," pungkasnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
11-11-2015 23:47