Main Menu

PLN Persiapkan Pembangkit Baru di Kupang

didi
19-11-2015 21:53

Perusahaan Listrik Negara (GATRA/Ardi Widi Yansah)

Jakarta, GATRAnews - PT PLN (Persero) mempersiapkan beberapa pembangkit baru untuk menambah pasokan listrik di wilayah Kupang, guna memperkuat pasokan listrik wilayah tersebut dan sekitarnya. Saat ini beban puncak sistem Kupang pada siang hari sekitar 54 Mega Watt (MW) dan pada malam hari sekitar 59 MW.

General Manager PLN Wilayah NTT Richard Safkaur menuturkan, dalam kondisi normal, beban tersebut dapat dipenuhi oleh beberapa Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang ada di Kupang.

Namun, karena beberapa unit PLTD sedang mengalami pemeliharaan periodik (overhaul) dan PLTU Bolok sedang mengalami gangguan maka saat ini kondisi di Kupang sedang mengalami defisit daya sehingga dilakukan pengurangan beban atau pemadaman bergilir di sisi pelanggan. Jadwal pemadaman selalu diinformasikan melalui berbagai media seperti media cetak setempat dan media elektronik (radio).

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seluruh warga Kupang. Overhaul yang dilakukan terhadap beberapa unit pembangkit dimaksudkan menjaga agar ke depan performa pembangkit tetap terjaga dengan baik untuk melayani pelanggan,” ujar Richard Safkaur, dalam keterangan tertulis, yang diterima di Jakarta, Kamis (19/11).

Dari sisi suplai, PLN berupaya semaksimal mungkin mempercepat pemeliharaan dan perbaikan pembangkit. Gangguan di PLTU Bolok 2 x 15 MW yang dipicu oleh gangguan di Gardu Induk (GI) Maulafa sedang dalam tahap perbaikan.

Satu unit PLTU sudah selesai diperbaiki dan kembali beroperasi sejak Minggu (15/11) pukul 23.00 WITA. Sementara satu unit lagi saat ini sedang dalam perbaikan dan menunggu penggantian komponen yang sedang diambil di daerah lain. Dalam beberapa hari ke depan PLTU ini akan mulai beroperasi kembali.

Sementara itu, secara pararel PLN juga sedang dalam proses perkuatan listrik di Kupang dalam rangkaian program 35.000 MW. Marine vessel power plant 60 MW sedang disiapkan dan ditargetkan pada bulan April 2016 bisa beroperasi untuk memperkuat pasokan listrik dan melayani calon pelanggan baru.

Selain itu fihak swasta juga terlibat dan berpartisipasi membangun PLTU Kupang 2 x 15 MW. Satu unit PLTU ini ditargetkan beroperasi pada Juni 2016 dan satu unit lainnya beroperasi Agustus 2016.

"Dengan tambahan ini kelistrikan Kupang akan semakin kuat," ujarnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
19-11-2015 21:53