Main Menu

Jokowi Impikan Buah-buahan Lokal Tembus Pasar Internasional

Januar
29-11-2015 16:31

Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2015 di Kampus IPB Baranangsiang, Bogor (Antara/Jafkhairi)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak untuk menggenjot agar buah-buahan dari Indonesia bisa memasuki pasar dunia. Karena di situlah income tambahan petani bisa dinaikkan. Ajakan ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat membuka Festival Buah dan Bunga Nusantara, Bogor, Sabtu (28/11) lalu.

 

 

Ia bercerita tentang perjalanannya ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dimana saat itu Presiden mengunjungi sebuah hipermarket yang memiliki 180 cabang dan tersebar di banyak negara. Menurutnya, pengemasan yang dilakukan produsen negara lain dilakukan dengan baik sehingga meningkatkan nilai jualnya.

 

Jokowi juga mengatakan buah-buahan yang berada di swalayan-swalayan negara lain berasal dari Indonesia. “Hampir semua buah yang dijual disitu dari Indonesia,” kata Jokowi. Jokowi mengajak semua pihak untuk menggenjot agar buah-buahan dari Indonesia bisa memasuki pasar dunia.  Ke depan, ia berharap substitusi barang impor harus diganti produk dalam negeri untuk memperbaiki neraca perdagangan.

 

“Indonesia butuh gerakan yang revolusioner untuk meningkatkan ekspor buah Nusantara dan mengurangi ketergantungan bangsa Indonesia terhadap buah-buahan impor,” kata Presiden Jokowi.

 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta kesediaan Bupati untuk menyiapkan lahan 5-50 hektar setiap kabupaten untuk fokus menjadi produsen buah dan bunga yang baik untuk ekspor dan memenuhi kebutuhan dalam negeri. “Jangan terbalik, di kita banyak buah impor,” kata Jokowi dalam keterangan pers Setkab.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
29-11-2015 16:31