Main Menu

Ini Dia Reksadana Terbaik Pilihan APERKEI

Nur Hidayat
08-02-2016 10:19

APERKEI memaparkan sejumlah reksadana terbaik (GATRAnews/Aries Kelana)

Jakarta, GATRAnews - Salah satu produk keuangan yang mulai dikenal dan mendapat hati di masyarakat adalah produk investasi bernama Reksadana. Produk reksadana ini mencuri perhatian masyarakat karena nilai investasinya yang bisa dimulai dengan nominal yang rendah, yaitu cukup dengan Rp 100,000 atau Rp 250,000 saja. Seiring berjalan, jumlah produk reksadana, khususnya reksadana saham yang ditawarkan kepada masyarakat semakin banyak.

Sementara itu, banyak masyarakat awam salah menilai suatu reksadana hanya berdasarkan jumlah nilai dana kelolaan investasinya saja, ataupun hasil investasinya per 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau bahkan hanya 1 tahun terakhir. Selain itu tidak sedikit mereka tidak sadar bahwa semua produk investasi, termasuk reksadan, mengandung risiko.

Pertanyaanya adalah, lalu bagaimana cara masyarakat awam bisa melihat dan menilai Reksadana yang tepat untuk mereka? Menjawab kebutuhan ini, Asosiasi Perencana Keuangan Indonesia (APERKEI) meluncurkan hasil evaluasi kerja LitBang APREKEI untuk menentukan reksadana mana saja yang cocok dipergunakan untuk investasi masyarakat umum berdasarkan data tahun lalu.

Peluncuran tersebut diumumkan kepada wartawan di Restoran Kopitiam, Mal Pacific Place, Jalan Sudirman, Jakarta Barat, (4/2). Di situ APREKEI membagi 5 terbaik dalam 6 kategori, seperti reksadana saham di bawah 5 tahun dan dan kelola di bawah Rp 500 milyar, reksadana saham di bawah 5 tahun dan dan kelola di atas Rp 500 milyar, reksadana saham di 5-10 tahun dan dana kelola di bawah Rp 500 milyar, reksadana saham 5-10 tahun dan dana kelola di atas Rp 500 milyar, reksadana saham di atas 10 tahun dan dan kelola di bawah Rp 500 milyar, dan reksadana saham di atas 10 tahun dan dana kelola di atas Rp 500 milyar.

Mereka yang masuk dalam 5 besar itu antara lain, Mandiri Investa Equity Asean 5 Plus, BNP Paribas STAR, Panin Dana Prima, Schroder Dana Prestasi Plus, Bahana Dana Prima, dan Danareksa Mawar Fokus 10. “Kami dari APERKEI mengucapkan Selamat kepada Reksadana dari Manajer Investasi tersebut diatas. Kami harapkan penilaian ini dapat memacu Reksadana tersebut dan Reksadana lainnya untuk dapat memberikan performance yang baik kedepannya bagi masyarakat dan investor pada khususnya,” tutur Ketua Umum APERKEI, Deni Lesmana.

Deni mengatakan, penilaian ini akan dinilai ulang setiap 3 bulan sekali dan akan dibagikan kepada wartawan sebagai bahan referensi. Kedepannya Litbang APERKEI akan mengeluarkan perhitungan lainnya yang dapat berguna bagi masyarakat dan investor Indonesia.

Pemberian peringkat oleh APREKEI ini mendapat aspresiasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSPPM). "Evaluasi kinerja seperti inilah yang bisa membantu masyarakat belajar dan menentukan produk investasi yang tepat," ujar Haryajid Ramlan, Ketua LSPPM yang juga hadir di acara tersebut. 


Reporter: ARK

Editor: Nur Hidayat


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

Nur Hidayat
08-02-2016 10:19