Main Menu

Kadin Minta Pemerintah Terbitkan Regulasi Harga Gas

didi
11-02-2016 15:52

Firlie Ganinduto(ANTARA/Hamdan)

Jakarta, GATRAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah untuk mengatur disparitas harga gas antar-daerah, guna mengatasi ketimpangan harga yang signifikan antar-daerah. Ketua Komite Tetap Hubungan Kelembagaan dan Regulasi Sektor Energi Minyak dan Gas Bumi Kadin 

"Pricing policy harusnya sudah ada, karena sekarang tidak ada aturan bagaimana mengatur harga, penentuan harga juga harus dilihat dari segi komersialitas," kata Firlie, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (11/2).

Menurutnya, pemerintah harus bisa melihat berapa harga gas yang dibanderol di masing-masing daerah. Dia mengungkapkan, perbandingan harga yang jauh tersebut cukup menjadi permasalahan.

"Jadi yang mereka lakukan itu dia melihat nih, harga daerah di sekitar daerah itu berapa," tuturnya.

Ia mengakui, penentuan harga gas itu berdasarkan ongkos produksinya. Namun, untuk lebih menegaskan dan menguatkan terkait harga gas agar tidak terjadi ketimpangan, sehingga pemerintah harus segera menerbitkan regulasinya.

"Harusnya juga diatur dalam Peraturan Menteri, tapi sampai sekarang belum ada jadi makannya yang disampaikan tadi bahwa harga gas itu memang cukup tinggi, akhirnya tergantung biaya gas itu berapa gitu," ujarnya menambahkan.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
11-02-2016 15:52