Main Menu

Ditjen Migas: Kebijakan Harga BBM Per 3 Bulan Jaga Kepastian Usaha

didi
25-02-2016 14:32

Bahan Bakar Minyak (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah dan DPR telah menyepakati kebijakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ditetapkan per 3 bulan. Kebijakan ini dinilai memiliki efek positif terhadap kestabilan perekonomian Indonesia. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) IGN Wiratmaja Puja mengakui adanya efek positif dari kebijakan tersebut.

Menurut Wiratmaja, kebijakan tersebut mampu menjaga kepastian usaha. Karena meski meski harga minyak dunia seperti roller coaster tapi harga BBM tidak seperti roller coaster.

"Dari pembelajaran itu akhirnya sudah ditetapkan 3 bulan merupakan periode yang paling optimum," ujar Wiratmaja, di Jakarta, Kamis (25/2).

Menurutnya, dengan menjaga harga BBM seperti ini perekonomian dan perencanaan dunia usaha menjadi jauh lebih stabil. Pertumbuhan perekonomian Indonesia tahun 2015 sampai hari ini termasuk yang paling stabil dan nomor 3 di dunia. Di atas Indonesia hanya India dan China.

"Artinya itu efek positifnya kita menjaga kepastian usaha dengan harga BBM," ujar Wiratmaja.

Wiratmaja menambahkan, harga jual BBM yang dijual saat ini (Januari, Februari dan Maret) adalah rata-rata 3 bulan sebelumnya (Oktober, November dan Desember).


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
25-02-2016 14:32