Main Menu

Pemerintah Akan Masukkan Pertamina dalam Blok Masela

Januar
24-03-2016 16:53

Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto (GATRA/Eva Agriana Ali/adi3)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) bersama Satuan Kerja Khusus Pengendali Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) berencana memasukkan PT Pertamina Persero dalam Blok Masela, Halmahera. Pertamina diharapkan dapat memperlancar distribusi gas ke konsumen domestik.

 

Ketua SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan pertemuan awal telah dilakukan antara Pertamina dengan PT Inpex Corporation dan Shell Indonesia."Baru perkenalan dari Pertamina dan Inpex. Ini strategic alliance. Masela butuh market domestik, Pertamina pihak yang memiliki potensi besar untuk pasar domestik," kata Suryamin di Jakarta, Kamis (24/3).

 

Penawaran tersebut juga disambut oleh Pertamina. Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan pihaknya siap apabila pemerintah menunjuk untuk bergabung dalam proyek tersebut.

 

"Pertamina akan siap mendukung kebijakan pemerintah untuk bisa menjadi pihak yang berinvestasi di sana," kata Dwi Soetjipto, Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (24/3) seperti yang dilaporkan oleh GATRAnews sebelumnya.

 

Nasib pengembangan Blok Masela akhirnya telah diputuskan pemerintah dengan skema di darat atau onshore. Keputusan tersebut diambil oleh Presiden Joko Widodo di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (23/3). Blok Masela diperkirakan mulai berproduksi pada 2024 mendatang.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
24-03-2016 16:53