Main Menu

Pabrik Komputer ASUS Bidik Segmen Profesional

Nur Hidayat
19-05-2016 11:48

ASUS (AFP/Mandy Cheng/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Di tengah lesunya penjualan personal computer juga laptop dan notebook, karena pergeseran selera konsumen ke produk tablet dan telepon pintar, pabrikan komputer besar mulai mencari alternatif pasar baru untuk bisa mendongkrak produksinya. 

Perusahaan komputer asal Taiwan Asustek Computer Inc alias Asus misalnya, kini mulai melirik sektor komersial sebagai target baru. Asus juga mulai membuat produk-produk premium yang diharapkan bisa menarik hati konsumen menengah ke atas dengan lini produk baru yang disebut Asuspro.

Di Indonesia sendiri, untuk produk buat profesional ini, Asus mulai memasarkan beberapa produk andalannya. Selasa (17/5) Asus resmi memperkenalkan tiga produk sekaligus, yaitu notebook, PC desktop, dan all-in-one PC.

Di kelas netbook, ASUS mengeluarkan ASUSPRO B8430 yang ditujukan untuk pekerja profesional dengan tingkat mobilitas tinggi. Notebook ini menggunakan layar 14 inci dengan resolusi Full HD (1080p) yang dilengkapi dengan teknologi anti-glare. Prodik ini memiliki berat hanya 1,7 kilogram, bodi dari bahan karbon fiber yang tahan guncangan dan bantingan.

"ASUSPRO B8430 gesit dalam mengolah perintah dan berbobot ringan. Terasa ketika pengguna melakukan booting sistem operasi dan membuka atau menyimpan data berukuran besar," kata Juliana Cen, selaku Country Product Group Leader, ASUS Indonesia dalam acara Asuspro Media Launch di Hotel Kempinski Selasa lalu.

ASUS memperkenalkan PC desktop barunya, yaitu ASUSPRO D820MT. PC desktop kelas bisnis ini juga mengedepankan desain modular sehingga Anda dapat memasang hardware tanpa perlu menggunakan alat khusus. Kemudian ada produk all in one PC A6420 yang mengedepankan konsep modular dengan komponen seperti hard disk dan RAM yang bisa diganti langsung oleh penggunannya. A6420 hadir dengan layar 21,5 inci beresolusi Full HD (1080p) dan telah didukung oleh sistem operasi Windows 7 atau Windows 10.

Ketika produk andalan ini diharapkan bisa menarik minat pasar profesional yang dinilai sedang mengalami peningkatan permintaan. MNC Sales Director Intel Indonesia, Yohan Wijaya, melihat pasar perangkat segmen komersial di Indonesia akan terus bertumbuh pada tahun ini. "Kami melihat market komersial di Indonesia untuk tahun ini tingkat pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan segmen consumer," katanya.

Ada beberapa kondisi yang membuat pasar komersial begitu menarik. Pertama, menurut Yohan, adalah dari sisi pemerintah. Yohan mengatakan di kuartal pertama tahun 2016 penyerapan anggaran lebih besar dibandingkan Q1 tahun lalu, sehingga diharapkan akan membuat lembaga dan kementerian melakukan belanja..

Di sisi lain, Yohan melihat banyak sekali di kementerian dan lembaga pemerintah, yang sudah harus mengganti perangkat komputer lawasnya. "Artinya tahun ini kami melihat ada oportunity untuk pemerintah mengganti PC lama mereka dengan PC baru," ujar dia. Selain itu tumbuhnya bisnis baru, atau small medium business menjadi kesempatan yang besar bagi perangkat komersial untuk masuk.

"Kami melihat sebetulnya besar sekali small businesses yang memerlukan komputer untuk memajukan usaha mereka, apalagi sekarang era internet, yang tadinya jualan secara fisik lewat toko, dengan adanya teknologi mobile bisa jualan lewat online bahkan di luar Indonesia," jelasnya.


Reporter: MSW

Editor: Nur Hidayat 

 

Nur Hidayat
19-05-2016 11:48